10 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Pada Bisnis UKM

10 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Pada Bisnis UKM

 

Bisnis yang kecil tentu saja bisa berkembang menjadi besar bila dikelola dengan baik dan tepat. Tidak jauh berbeda dengan perusahaan besar, setiap usaha UKM sebaiknya juga memiliki manajemen usaha yang baik sehingga omset penjualan yang didapatkan juga bisa berkembang dan membuat usaha tersebut menjadi besar dan memiliki reputasi yang baik.

Omset dalam sebuah perusahaan merupakan faktor yang sangat penting untuk diraih dalam berwirausaha. Oleh karena itu perlu diterapkan beberapa strategi agar omset penjualan dapat tercapai sesuai yang sudah ditargetkan.

Semua pengusaha tentu memiliki harapan agar usaha yang dijalankan bisa mendapat omset yang memenuhi target. Dengan dicapainya target omset sebuah perusahaan menandakan bahwa produk dari usaha tersebut bisa diterima dengan baik di pasaran dan mampu bersaing dengan produk dari brand yang lain.

Lalu bagaimana caranya agar modal yang telah dikeluarkan tidak menjadi hal yang sia sia dan suatu saat modal tersebut bisa kembali? Simak pembahasan tentang 10 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Pada Bisnis UKM :

  1. Lakukan Inovasi Produk agar Penjualan dapat Meningkat

Menjual produk yang sudah ada namun tidak melakukan inovasi terhadap produk tersebut seringkali membuat omset penjualan menjadi tersendat. Oleh karena itu, inovasi diperlukan agar barang yang dijual juga tetap bisa bersaing dan memiliki kelebihan dibandingkan barang dari brand lain sehingga konsumen akan melirik ke produk Anda.

Inovasi produk bisa Anda lakukan dengan cara misalnya menambah elemen produk,meningkatkan kinerja produk,ataupun hanya sekedar memoles kemasan produk agar tampak lebih bisa menarik minat konsumen.

  1. Branding

Branding merupakan teknik khusus untuk memperkenalkan produk Anda kepada orang lain. Dengan tujuan agar produk Anda laris dipasaran. Anda tak perlu membuat promosi yang terlalu berlebihan, cukup sesuaikan saja dengan kemampuan usaha yang Anda miliki. Tentu saja tujuan dari promosi ini agar omset penjualan Anda bisa naik.

 

  1. Promosikan secara berkala

Promosi merupakan hal yang penting dalam memasarkan sebuah produk. Oleh karena itu, Anda harus pintar pintar dalam mempromosikan produk Anda. Strategi yang baik dalam melakukan promosi sebuah produk adalah dengan promosi yang dilakukan secara berkala.

Maksudnya adalah, Anda bisa melakukan promosi dengan berbagai macam cara setiap hari. Seperti misalnya hari ini Anda pasang iklan di koran, lalu keesokan harinya Anda memasang iklan dengan banner, ataupun menggunakan jasa internet. Yang pasti lakukan pemasaran setiap hari dan jangan merasa bosan.

  1. Lakukan Segmentasi Pasar

Sebelum menciptakan sebuah produk yang diminati pasaran, UKM harus melaksanakan segmentasi pasar dahulu. Cara ini banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam mempersiapkan produknya.

Sebuah produk atau jasa harus membidik pasar tertentu yang lebih spesifik dan sesuai dengan produk yang dipasarkan agar manfaat dari sebuah produk bisa maksimal dirasakan konsumen dan omset yang bisa didapat dari penjualan juga bisa didapatkan oleh pengusaha.

Tidak semua pasar memiliki minat atau potensi penjualan yang sama. Dengan melakukan segmentasi pasar, usaha kecil menengah bisa lebih mengoptimalkan setiap produk yang dikeluarkannya. 

  1. Manfaatkan Internet Untuk Sarana Pemasaran

Saat ini, semua hal bergantung dengan internet. Termasuk juga pemasaran. Banyaknya pengguna dari layanan internet khususnya media sosial seharusnya membuat para pelaku UKM menyadari dan menggunakan internet sebagai  sarana memasarkan produknya. Cara ini juga bisa dibilang menghemat biaya pemasaran karena menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk biasanya tidak berbayar. 

  1. Gunakan Teknologi Untuk Membantu Menganalisis Hasil Penjualan Suatu Produk

Keberadaan teknologi memang sangat membantu kerja manusia. Tak terkecuali juga di bidang manajemen UKM. Yang dulunya menghitung dan menganalisa pemasukan harus dilakukan secara manual,sekarang bisa dibantu dengan dibantu salah satu software keuangan.

  1. Melayani Konsumen Dengan Baik

Sesuai kata pepatah, konsumen adalah raja, jadi Layani konsumen Anda dengan sikap yang baik dan ramah. Pelayanan dan sikap yang Anda lakukan di depan konsumen juga berpengaruh apakah sang konsumen akan tertarik pada produk Anda.

Jika Anda memiliki kesan baik dimata konsumen, tentu mereka tidak akan keberatan untuk membeli produk Anda. Namun, jika Anda bersikap cuek kepada setiap pertanyaan konsumen, maka mereka akan enggan untuk membeli produk Anda.

  1. Buat Business Plan yang tepat

Walaupun terkesan sederhana, namun nyatanya suatu hal yang sudah direncanakan akan membuat usaha Anda lebih terarah perjalanan bisnisnya. Business plan juga penting untuk menentukan biaya kegiatan operasional,gaji karyawan, hasil pemasukan penjualan, dan lain lain.

  1. Memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP)

Jika sebuah UKM memiliki Standar dalam pengoperasian prosedur, manajemen usaha dan kinerja karyawan bisa meningkat menjadi lebih baik. SOP juga berfungsi untuk menjaga kualitas produk tetap baik dan membiasakan karyawan memiliki sebuah panduan sistem kerja yang terarah sehingga lebih mudah bagi pihak perusahaan untuk mengontrol jalannya usaha produksi.

  1. Belajar tentang Marketing Sebuah Produk

Selain beberapa poin diatas, agar wawasan Anda terus bertambah, Anda perlu menambah wawasan marketing yang sudah anda ketahui dengan cara belajar.

Materi belajar tentang marketing bisa mudah anda dapatkan dari berbagai hal. Seperti misalnya, anda bisa menggunakan internet untuk mencari informasi tentang marketing yang terkait dengan produk Anda.Cara ini dapat memberikan informasi baru dan mampu memberikan pemikiran yang dinamis untuk meningkatkan omset usaha produk penjualan.

 

Semoga ulasan ini membantu Anda dan UKM yang Anda jalankan menjadi lebih berkembang dan lebih siap untuk bersaing dengan pelaku UKM lain. 

 

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintekmedia - All Rights Reserved.