4 Faktor yang Pengaruhi Valuasi Startup

4 Faktor yang Pengaruhi Valuasi Startup

 

 

Setiap pendiri startup bermimpi meluncurkan Airbnb, SpaceX atau Uber berikutnya. Lalu bagaimana tepatnya startup dihargai?

Menilai perusahaan publik sangat mudah. Kapitalisasi pasarnya adalah jumlah saham yang dikalikan dengan harga saham saat ini. Harga saham itu sendiri bergantung pada kekuatan perusahaan dan kekuatan pasar yang diketahui, dan oleh karena itu, jarang melenceng dari sasaran.

 

Namun, nilai dari startup (yang jarang menghasilkan keuntungan) sama sekali tidak mudah dihitung. Bahkan, itu yang terbaik, perkiraan. Dalam bahasa awam, Anda bisa menganggapnya sebagai jumlah total dari semua sumber daya, modal intelektual, teknologi, nilai merek, dan aset keuangan yang dibawa oleh startup tersebut ke meja.Penilaian pra-uang pada dasarnya adalah bagaimana Anda menghargai bisnis Anda. Ini adalah nilai yang akan Anda kutip kepada seorang kapitalis ventura potensial atau sumber pendanaan lain untuk mendapatkan pendanaan untuk bisnis Anda. Semakin tinggi (dan lebih akurat) penilaian Anda, semakin baik kapasitas Anda untuk menarik pendanaan.

 

1. Membayar pelanggan yang benar-benar menggunakan produk

Baik itu mesin pencari, jejaring sosial atau bahkan aplikasi kencan, setiap pengguna menyukai layanan yang bebas digunakan. Namun, sebagian besar investor tidak begitu senang tentang barang gratis. Tidak satu pun dari lima startup AS teratas adalah layanan gratis yang digunakan. Masing-masing memiliki pelanggan yang membayar.

Pinterest salah satu jaringan media sosial gratis, hadir di nomor tujuh, tetapi itu juga memiliki model pendapatan yang jelas. Meskipun platform ini gratis untuk digunakan oleh anggota, ia memiliki pelanggan yang membayar banyak uang untuk mengiklankan produk mereka ke anggota Pinterest, sehingga memastikan model pendapatan tetap.

 

2. Nilai merek

Sebagai entitas baru, konsumen pertama-tama harus menyadari startup untuk menggunakan produk atau layanannya. Kesadaran merek dan daya ingat sangat penting untuk keberhasilan startup apa pun. Namun, tidak semua nilai merek berasal dari pengeluaran dolar pemasaran besar. Banyak yang bisa datang dari mulut ke mulut, PR dan sumber lain.

 

3. Persaingan dan kematangan pasar

Keuntungan penggerak pertama mungkin terdengar luar biasa untuk bisnis peniru tetapi bisa menakutkan bagi startup mengambil langkah-langkah pertama. Ketika perusahaan memasuki pasar baru atau mengembangkan pasar melalui konsep bisnis baru, para pendiri memiliki dua tugas di depan mereka. Pertama meyakinkan investor dan kemudian yakinkan konsumen bahwa ide bisnis mereka luar biasa.

 

4. Pemahaman tentang model bisnis

Akhirnya, jumlah dana yang Anda kumpulkan dan kekuatan penilaian Anda, bermuara pada bisnis Anda dan seberapa kuat pegangan yang Anda miliki untuk membuatnya bekerja. Penglihatan selalu 20/20, mengambil keputusan yang baik pada saat yang membuat semua perbedaan.

Ambil Facebook sebagai contoh. Dalam avatarnya yang asli, Mark Zuckerberg dan rekan-rekannya menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk mendapatkan pengiklan untuk situs mereka. Untungnya, Facebook belum menjadi situs penerbit lain untuk iklan satu ukuran untuk semua. Sebaliknya, Facebook akhirnya menyadari bahwa nilai nyata perusahaan terletak pada data pengguna yang kaya dan basis pengguna raksasa yang mereka monetisasi kemudian menjadi hasil yang spektakuler.

 

Tidak peduli seberapa besar atau kecilnya bisnis Anda. Selama Anda tahu kunci sukses yang membuat bisnis Anda menjulang, Anda dapat mengandalkan para investor yang melompat masuk dan bergabung dengan bisnis yang lainnya.

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2020 Fintekmedia - All Rights Reserved.