5 Tren Ini Pengaruhi Industri Fintech

5 Tren Ini Pengaruhi Industri Fintech
5 Tren Ini Pengaruhi Industri Fintech

 

Jika kamu sama sekali belum pernah mendengar tentang revolusi Fintech yang sedang terjadi saat ini, itu tandanya kamu harus segera keluar dari gua persembunyianmu. Kemajuan revolusioner ini tidak hanya berdampak pada industri keuangan saja, namun kemajuan-kemajuan ini juga memiliki potensi untuk mengubah cara kita melakukan transaksi dalam semua aspek bisnis. Begitu juga dengan Amartha yang terus mengembangkan teknologi keuangannya. Perusahaan fintech yang bergerak di peer to peer lending ini yakin tren-tren ini akan memberi warna baru dalam dunia fintech.

Pada kesempatan kali ini, mari kita bicarakan beberapa tren utama yang mendorong revolusi dan bagaimana tren-tren tersebut dapat memengaruhi bisnismu seperti dillansir dari Forbes.com

Pemimpin Revolusi Fintech: Blockchain

Apakah blockchain akan mengambil alih sistem perbankan di industri keuangan? Bahkan banyak yang belum tahu tentang itu. Tetapi yang pasti, dengan blockchain, sistem perbankan dapat diperbaiki dan akan tercipta sistem transaksional yang jauh lebih baik dan lebih berdampak.

Hingga saat ini, perbankan masih mengandalkan sistem keuangan yang ketinggalan jaman yang bergantung pada kertas dan perangkat lunak yang usang. Cara itu sebenarnya mahal dan sangat rentan akan penipuan dan kejahatan. Dengan blockchain, sistem bank saat ini dapat diubah menjadi buku digital dengan pembaruan real-time yang tidak dapat diubah-ubah. Hal ini tentunya dapat menghindari kertas dan juga penipuan.

Biaya transfer dan kabel dapat dikurangi dengan menggunakan bitcoin, kliring dan pembayaran dapat terjadi secara instan, pinjaman dan aplikasi kredit dapat dinilai di tempat dan konsumen akan memiliki akses instan ke dana yang mereka butuhkan dan jawaban yang mereka perlukan.

Otomatisasi

Industri apa yang tidak terpengaruh oleh otomatisasi dalam beberapa cara? Industri perbankan seharusnya tidak terkecuali. Menurut McKinsey, gelombang otomatisasi kedua dan AI akan muncul dalam beberapa tahun ke depan di mana mesin akan melakukan hingga 10 hingga 25 persen kerja bank.

Dengan proses sederhana yang otomatis, karyawan bank dan lainnya di industri keuangan akan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada tugas-tugas lain yang bernilai lebih tinggi yang menggunakan lebih banyak kekuatan otak manusia. Apa yang dapat diharapkan konsumen? Pengalaman bank yang lebih cepat.

Peningkatan Teknologi untuk Adopsi Penuh

Sebelum adopsi Fintech penuh dapat dilakukan dalam industri perbankan, tentunya yang lebih dulu dilakukan adalah peningkatan teknologi. Bank sekarang mengambil keuntungan dari pembayaran digital, pembayaran tanpa kartu, deposito ponsel dan opsi layanan mandiri lainnya.

Penulis saat ini membayar dengan jam tangan cerdas atau ponsel jauh lebih sering dibanding menggunakan kredit dan jujur, sulit bagi Penulis untuk mengingat waktu ketika Penulis harus menggunakan kartu kredit. Opsi pembayaran mudah ini nyaman dan siap digunakan di sejumlah lokasi di seluruh negara. Namun, bank dan lembaga keuangan lainnya perlu mengikuti, menawarkan kartu debit dan opsi lain untuk penggunaan seluler. Lembaga yang memanfaatkan teknologi baru ini akan mengalami peningkatan produktivitas dan penurunan biaya overhead.

Data, Data, Data

Semua orang tahu bahwa big data adalah berita besar di semua industri. Namun, perubahan besar terjadi pada industri keuangan ketika menyangkut pengumpulan data. Salah satu perubahan terbesar adalah evolusi data pinjaman.

Telah dinyatakan bahwa skor kredit FICO, jumlah yang menentukan kesehatan keuanganmu, sudah ketinggalan jaman dan bukan lagi gambaran hebat tentang kedudukan yang sebenarnya.

Dengan menggunakan analitik data dan Internet of Things (IoT), bank akan dapat mengkurasi data untuk menggantikan skor FICO, memberikan lebih banyak opsi keuangan kepada konsumen. Investor sekunder akan mulai menghargai data pinjaman lain yang akan memberi jalan untuk model kredit yang lebih baik. Bisakah kamu membayangkan mendapatkan hipotek atau pinjaman mobil dan memiliki lebih banyak faktor yang dipertimbangkan dalam keputusan kredit? Itu akan luar biasa untuk hampir semua orang.

Meningkatnya Peraturan Fintech

Dengan semua perubahan itu, tentunya muncul juga beberapa peraturan baru. Keuangan adalah salah satu industri yang diatur paling berat. Peraturan bukanlah hal yang negatif. Industri keuangan yang lebih kuat dan aman akan membangun kepercayaan antara konsumen dan institusi. Dan jika kita ingin revolusi FinTech berlanjut, kita perlu kepercayaan antara konsumen dan lembaga untuk terus tumbuh.

Teknologi telah mendorong kita ke tempat kita berada. Sebagai industri dengan fokus besar pada teknologi, jelas bahwa perubahan akan terjadi dengan cepat dan sering. Diperlukan beberapa waktu agar teknologi ini mendapatkan kecepatan yang cukup untuk diterima secara luas. Hanya waktu yang akan memberi tahu apa yang dapat kita harapkan ketika kita mengunjungi bank lokal kita karena ini hanyalah permulaan.


Sumber : amartha.com

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintektok - All Rights Reserved.