6 Cara Jitu Mengatur Gaji

6 Cara Jitu Mengatur Gaji

Akhir bulan adalah saat-saat yang ditunggu bagi semua orang, karena saat itu lah gaji turun. Anda akan tersenyum puas ketika hasil kerja keras Anda selama satu bulan tercetak dalam sebuah struk gaji atau dalam bentuk nominal yang cukup menakjubkan dalam rekening tabungan. Namun, anda jangan terbawa nafsu untuk segera menghabiskan gaji Anda. Kita harus pandai mengatur rencana keungan untuk persipan masa depan kita.

Mungkin ketika kita bekerja Anda pernah ingin membeli sesuatu yang tidak terjangkau sebelumnya, misalnya ponsel baru, kamera dslr, pakaian atau makan-makan di restoran. Sadarilah bahwa keinginan itu adalah semu, mash banyak kebutuhan yang perlu Anda rencanakan. Dan Percayalah, sangat penting bagi anda untuk mengatur gaji untuk rencana masa depan Anda.

Berikut ini adalah 6 cara jitu mengatur gaji untuk masa depan anda.

1. Prioritas
Ketika gajikan, prioritaskanlah hal-hal yang wajib Anda penuhi terlebih dahulu. Pertama adalah buat daftar tagihan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, misalnya tagihan listrik, internet, makan, bensin ataupun uang trasnport yang anda keluarkan selama sebulan.

Jangan lupa untuk mencatat segala pengeluaran Anda dalam satu bulan. Karena dengan cara ini dapat membantu Anda untuk mengecek kembali pengeluaran-pengeluaran dan dapat menjadi bahan pertimbangan  untuk pengeluaran esok harinya. Apabila ternyata pengeluaran Anda melebihi anggaran yang Anda rencanakan, maka pengeluaran berikutnya harus dapat lebih disesuaikan lagi.

2. Menabung
Sudah menjadi kewajiban Anda untuk menabung. Langsung potong 15% untuk dimasukkan ke dalam rekening tabungan Anda, ini adalah cara sederhana supaya Anda dipaksa untuk menyisihkan uang. Jangan pernah memiliki prinsip untuk menabung jika ada uang sisa, Anda harus mengutamakan menabung di atas segalanya. Ketika Anda menerima uang gaji, sebaiknya Anda langsung menyisihkan 15% dari uang gaji tersebut dan masukkan ke dalam rekening tabungan.

3. Investasi
Zaman sekarang, Anda perlu untuk meningkatkan penghasilan Anda dengan berinvestasi. Telah terbukti bahwa investasi dapat meningkatkan kesejahteraan finansial Anda. Saat ini, sudah banyak pilihan instrumen investasi yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan.

Tersedia berbagai macam instrumen investasi, mulai dari saham, obligasi, reksadana, emas, hingga properti. Untuk mengetahui instrumen investasi apa yang sesuai, maka Anda perlu untuk mengenali profil investasi terlebih dahulu. Namun, Anda juga perlu untuk belajar mengelola dan mengawasinya. Apabila modal Anda terbatas, munkin Anda dapat bermain investasi dalam bentuk emas atau deposito.

4. Dana Cadangan
Apa guna dana cadangan? Dana cadangan berguna untuk memfasilitasi Anda ketika terjadi hal-hal di luar dugaan atau sangat mendesak. Misalnya untuk membeli kado teman yang ulang tahun, iuran teman yang sedang sakit, hingga sesepele membeli ban motor yang udah gak bisa ditambal lagi. Untuk mengantisipasi supaya hal ini tidak memangkas tabungan, kamu bisa kok menganggarkan 10% dari gajimu. 

5. Amal
Jika Anda beragama pasti pernah mendengar bahwa semakin banyak Anda memberi, semakin banyak pula yang Anda terima. Begitu pula saat Anda menyisihkan uang Anda untuk beramal. Gunakan presentasi berapa jumlah uang yang dapat Anda sisihkan untuk memberi sesama, misalnya 2,5% untuk gaji Anda sebulan. 

Ada juga yang menganggap bahwa dengan beramal Anda telah mengasuransikan kesehatan Anda kepada Tuhan. Karena kesehatan adalah hal yang berharga bagi Anda.

6. Kegiatan sosial 
Setelah kelima hal tersebut Anda lakukan, Anda masih tetap boleh kok bersenang-senang entah menonton film di bioskop, karaoke ataupun makan di resto mahal bersama teman-teman. Namun tentu saja Anda harus menetapkan batasannya supaya kondisi finansial Anda tidak besar pasak daripada tiang. Anda dapat mengganggarkan 15% dari uang gaji yang Anda terima untuk budget bersosialisasi selama sebulan.

Kegiatan sosial yang identik dengan senang-senang bisa dijadikan ajang untuk memberikan reward pada diri sendiri dan membuatmu makin semangat bekerja. Namun kegiatan ini juga harus terkontrol sehingga keuanganmu tetap aman.

Hidup Hemat Untuk Masa Depan

Sebanyak apapun uang yang Anda miliki, tidak akan membuat Anda kaya apabila Anda tidak menerapkan prinsip hidup hemat. Kebiasaan ini harus Anda miliki karena jika tidak, maka kecenderungan untuk menjadi konsumtif jadi tidak teratasi. Selain itu, dengan hidup hemat, maka Anda sedang mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Jadi, jika Anda ingin memiliki masa depan yang lebih baik dari kehidupan Anda saat ini, ayo mulai hidup hemat dari sekarang.

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2020 Fintekmedia - All Rights Reserved.