6 Manfaat tersembunyi Fintech

6 Manfaat tersembunyi  Fintech
6 Manfaat Fintech

Kita sebagai generasi milenial harus melek digital, Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang semakin banyak startup di Indonesia yang fokus bergerak di bidang keuangan teknologi. Pelaku startup model ini disebutnya sebagai pelaku fintech.

Fintech sendiri pada dasarnya memiliki Fungsi yang berbeda-beda, akan tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu membantu dan mempermudah masyarakat dalam mengurus hal-hal yang berkaitan dengan finansial sehingga semakin efektif dan efisien. Penting banget bagi masyarakat untuk mengetahui manfaat atau benefit yang bisa diperoleh dari perkembangan tren fintech di Indonesia ini. Sangat disayang kan  apabila fasilitas yang begitu bermanfaat harus terlewatkan.

Berikut adalah 6 manfaat Fintech yang tidak diketahui oleh kebanyakan masyarakat Indonesia.

  1. Konsultan keuangan privat gratis
    Dengan adanya perkembangan fintech, konsultasi keuangan sekarang bisa dilakuakan secara gratis atau tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Apabila ada biayanya itupun biasanya hanya biaya modal untuk installasi aplikasi yang rata-rata sekitar Rp 5.000-an.

    Jadi sekarang hanya dengan menggunakan smartphone ataupun laptop sudah bisa mengelola keuanganmu dengan lebih terencana. Banyak perusahaan fintech di Indonesia yang menyediakan layanan personal finance ini, mulai dari yang berbasis aplikasi mobile, sampai yang berbasis web.
     
  2. Alternatif pinjaman yang beragam
    Berkat fintech juga, saat ini untuk mencari pinjaman pun sudah tidak harus bersusah payah ke bank atau lembaga keuangan. Hanya perlu buka laptop dengan koneksi internet, semua sudah dapat dilakukan. Selain itu Proses pencairannya juga sangat cepat jika dibanding dengan perbankan atau lembaga keuangan.Penyedia jasa pinjaman online ini bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu.

    Jadi, jika sudah tahu ada sumber dana alternatif seperti ini, maka seharusnya keuanganmu bisa lebih lancar dan tanpa kendala lagi. 
     
  3. Kemudahan memilih dan mengajukan pinjaman
    Penyedia jasa layanan keuangan sekarang jumlahnya sudah sangat banyak. Dengan adanya fintech, maka risiko salah memilih produk finansial jelas dapat berkurang. dan lebih menguntungkan pastinya. 

    Memilih fintech yang tepat merupakan langkah yang penting untuk sebuah keputusan yang menguntungkan bagi Anda. Keputusan ini akan memiliki peranan penting untuk tahu perusahaan fintech mana yang paling tepat untuk dipilih.
     
  4. Transaksi pembayaran yang praktis

    Dengan adanya kartu debit, kartu kredit, e-money, serta e-wallet, menggunakan uang tunai untuk pembayaran semakin terasa merepotkan dan mulai ketinggalan zaman. Hal Ini kian dipertegas dengan hadirnnya fasilitas pembayaran cashless melalui pemindaian kode QR atau Quick Response.
     
  5. Kebutuhan Investasi lebih mudah
    Buat yang baru saja akan mulai menginvestasikan dari sebagian penghasilan Anda, maka tidak perlu bingung meminta bantuan kepada penasihat investasi atau ribet update berita di berbagai media seputar investasi. 

    Dengan hadirnya Fintech, maka anda dapat berinvestasi dengan lebih mudah dan aman,  salah satu hal terbaik yang dimiliki oleh sistem investasi Fintech adalah tersedianya riwayat data, fleksibilitas yang tinggi, dan tentu saja menguntungkan.
     
  6. Beramal melalui fintech
    Sebagai makhluk sosial, pastinya hidup akan lebih tenang dan tenteram apabila dapat berbagi dengan sesama. Dengan cara yang paling gampang biasanya adalah dengan beramal atau memberikan donasi untuk kegiatan sosial  maupun membantu korban bencana.

    Gak hanya membantumu dalam mencari produk finansial, fintech juga bisa membantumu dalam beramal. Karena sudah banyak situs fintech pengumpulan donasi untuk isu sosial, seperti Kitabisa, Dompet Dhuafa, AyoAmal, IndoKasih, IndoRelawan, dan masih banyak lagi. Selain itu juga terdapat fintech lain yang menyediakan fasilitas crowdfunding dengan tujuan yang berbeda-beda.

Perkembangan teknologi sekarang memang makin cepat dan masif. Rasanya, tidak ada satu lini kehidupan pun yang tidak tersentuh oleh sektor ini. Nah, perkembangan ini harusnya bisa kamu optimalkan untuk mempermudah hidupmu, termasuk untuk mengatur kondisi dompet.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk gak melek finansial ya. 
 

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintekmedia - All Rights Reserved.