AKTIVAKU Tawarkan Kesempatan Kredit Rumah Impian

AKTIVAKU Tawarkan Kesempatan Kredit Rumah Impian

Punya rumah sendiri pasti impian semua keluarga, termasuk keluarga kecil kami, tapi membeli rumah tidak semudah membeli rumah karna dapat warisan, mendengar kata warisan itu seakan mimpi kapan ya dapet warisan milyaran biar bisa beli rumah sendiri, kendaraan, jalan-jalan ke eropa, hehehe, jangan menghayal kejauhan ya!, Mau beli rumah ya harus kerja keras!.Sekarang mau punya rumah sendiri katanya sih jalannya sudah cukup mudah, tidak bisa mengajukan KPR ke bank, bisa mengajukan pinjaman online untuk pembelian rumah, benar gak sih?, biasanya pinjaman online hanya memberikan pinjaman 1 juta sampai 10 juta, ternyata dengan perkembangan dunia Fintech yang semakin berkembang dengan pesat, banyak penawaran menarik yang ditawarkan perusahaan Financial Technology untuk menarik para peminjam dana.Setelah menelusuri beberapa Fintech, pilihan jatuh kepada Aktivaku untuk coba daftar pinjaman online yang menyediakan kredit rumah.

AktivaKu

Aktivaku termasuk salah satu perusahaan Financial Technology (FinTech) legal dibawah PT.Aktivaku Investama Teknologi.Menurut Taufan salah satu pendiri Aktivaku mengatakan “bahwa Aktivaku berdiri sejak pertengahan tahun 2017,sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tanggal 8 Januari 2018, Aktivaku bertujuan menjadi solusi pembiayaan bagi kalangan yang belum terjangkau oleh perbankan”.Aktivaku mempunyai penawaran pinjaman online yang menarik dan unik.Aktivaku adalah platform beragunkan aset sebagai partner dalam mengembangkan investasi yang berbentuk P2P lending beragunan, sama seperti FinTech lainya Aktivaku mempertemukan pemilik agunan aset pribadi atau entitas dengan pemilik dana di luar sistem perbankan.Pemberi dana akan merasa aman dengan adanya agunan.

 

Siapa saja yang bisa mengajukan pinjaman dana atau Pemberi dana di Aktivaku

Sangat mudah syaratnya untuk pengajuan pinjaman yang nilainya cukup besar, dan semua masyarakat diseluruh Indonesia bisa mengajukan pinjaman dana maupun mengajukan menjadi Pemberi dana.

  1. Karyawan tetap, pemilik usaha, profesional dan badan usaha.

  2. WNI usia minimal 21 tahun, karyawan maksimal 55 tahun dan pemilik usaha atau profesional maksimal 65 tahun.

  3. Telah bekerja minimal 1 tahun, sudah menjadi karyawan tetap dan untuk anda yang menikah dengan WNA (melampirkan bukti pisah harta).

  4. Pinjaman bisa dilakukan untuk WNI yang berdomisili di seluruh Indonesia.

 

Jenis Pinjaman Aktivaku

Aktivaku bisa diakses melalui website resmi Aktivaku, bisa melalui komputer atau smartphone, sebelum mendaftar untuk mengajukan pinjaman online di Aktivaku, sebaiknya lihat dulu produk apa saja yang ditawarkan Aktivaku dan pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Aktivaku memiliki beberapa Jenis produk pinjaman online diantaranya adalah :

  1. Supplay ChainFinancing

Memberikan dana pinjaman online kepada pemberi kerja rekanan Aktivaku, lalu dana pinjaman diberikan ke pihak pelaksana pekerjaan yang menerima pekerjaan dari pemberi kerja yang sudah menjadi rekanan Aktivaku.Pelaksana pekerjaan tidak perlu menjaminkan apapun, karena penjaminan pendanaan sepenuhnya tanggung jawab pemberi kerja.

  1. Project Financing

Memberikan dana pinjaman onlinekhusus kalangan UMKM, untuk membiayai kegiatan produktif dengan jaminan berbentuk properti atau aset lainnya, contohnya pekerjaan proyek berdasarkan Surat Perintah Kerja (SPK) atau PO, jika disetujui Aktivaku akan meminjamkan dana hingga 60% dari nilai properti atau asetyang menjadi jaminan.

  1. Credit Take Over

Bahasa sederhananya pindah KPR ke bank lain atau ke institusi keuangan lain, pengalaman beberapa teman pindah ke KPR bank lain karena bunga yang terlalu tinggi.Disini peran Aktivaku adalah membiayai perpindahan fasilitas kredit dari satu lembaga keuangan ke lembaga keuangan lain atau pemberi dana pinjaman meminjamkan uang sesuai besaran sisa kredit peminjam di lembaga keuangan awal, yang kemudian dipindahkan ke lembaga keuangan lain untuk memperoleh kredit baru, sumber pembayaran peminjam adalah dari fasilitas kredit yang diberikan oleh bank tujuan.

  1. Yang terakhir adalah Mortgage/CI/DP Financing, produk Aktivaku ini paling menarik diantara ketiga produk pinjaman Aktivaku, dan tidak banyak FinTech di Indonesia yang menawarkan produk pinjaman online seperti ini.Mortgage memberikan fasilitas pinjaman online untuk kepemilikan properti (rumah, apartemen, ruko, rukan) melalui developer yang bekerjasama dengan Aktivaku.Peran Aktivaku disini hanya sebatas membantu mencarikan lembaga pembiayaan seperti pendana personal, Bank, multifinance atau lembaga keuangan lainnya untuk peminjam dana yang akan digunakan untuk pembelian properti sesuai keinginan dan kemampuan peminjam, selain untuk pembelian properti dalam bentuk kredit kepemilikan rumah, bisa juga peminjaman dana hanya untuk pembayaran DP pembelian properti.

Selain untuk peminjam personal Aktivaku juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan, seperti Gojek salah satu perusahaan transportasi online yang bekerjasama dengan Aktivaku untuk pembiayaan KPR bagi mitra Gojek yang ingin memiliki rumah,  di dalam aplikasi mitra gojek untuk kredit kepemilikan rumah saat ini dipotong langsung dari pendapatan harian dengan jangka waktu tertentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku tentunya.Dalam hal ini Aktivaku telah bekerjasama dengan pengembang untuk penyediaan properti, jadi  keluarga muda, pedagang kecil, dan pekerja tidak tetap, bisa memiliki rumah sendiri itu bukan impian lagi tapi bisa jadi kenyataan, karena semua semakin mudah.

 

Nilai Pinjaman, Bunga dan Tenor

Setelah melihat produk yang ditawarkan, sekarang waktunya memilih produk pinjaman apa, yang menjadi pilihan, jika belum jelas atau ada yang kurang  mengerti, bisa ditanyakan langsung dengan marketing Aktivaku yang aktif selama 24 jam.Nilai Pinjaman yang di tawarkan maksimal 2 milyar Rupiah dan tidak ada nilai pinjaman minimal, namun peminjam harus memperhitungkan juga fixed costs yang akan dibayarkan, sehingga pengajuan pinjaman tetap bisa memberikan benefit yang maksimal, karena ada beberapa Biaya yang dibebankan ke Peminjam seperti biaya Notaris, biaya admin, biaya provisi dan biaya appraisal. Bunga yang ditawarkan baik untuk pemberi dana dan peminjam mulai dari 14% pertahun, bisa juga bunga yang dikenakan tergantung dari hasil credit scoring. Jadi harus lebih teliti lagi dalam memilih produk yang menjadi pilihan kita dan hitung kembali cost yang akan timbul agar tidak ada kerugian di kemudian hari. Tenor untuk produk Refinancing maksimal 2 tahun, Take over maksimal 1 bulan, dan DP Financing atau Mortgage maksimal 3 tahun.

 

Cara mengajukan pinjaman atau mengajukan sebagai pemberi dana

  • register di website resmi Aktivaku.com, setelah register dan sudah dikonfirmasi lewat email silahkan login, lalu pilih ingin menjadi peminjam dana atau pemberi dana.

  • lanjutkan dengan mengisi data diri dengan lengkap, setelah itu siap mengajukan pinjaman atau pemberi dana, siapkan soft copy dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), NPWP, Surat Nikah atau cerai, Slip gaji terakhir, soft copy dokumen jaminan, rekening koran 3 bulan terakhir.

  • Setelah lengkap, marketing Aktivaku akan menghubungi untuk proses selanjutnya.

Bisa mengajukan pinjaman manual lewat email atau telepone jika tidak mengerti cara pengajuan lewat online.


 

Pencairan Dana

Setelah proses pengajuan peminjaman dana selesai, peminjam dana akan di hubungi pihak Aktivaku, jika pengajuan dana di setujui, dana akan cair 14 hari kerja setelah penayangan di website Aktivaku.  

 

Pembayaran

Setelah proses pencairan, maka proses pembayaran cicilan sudah mulai harus dipikirkan, untuk pembayaran cicilan bisa dilakukan melalui transfer bank ATM, Internet Banking, pembayaran yang melewati tanggal jatuh tempo akan dikenakan denda biaya penalti sebesar 5% per bulan atau 0,17 % perhari.

 

Kelebihan dan Kekurangan Aktivaku

  • Tampilan website Aktivaku yang sederhana enak dilihat.

  • Customer service (CS) siap membantu 24 jam.

  • Bisa mengajukan pinjaman secara online atau offline

  • Dari kota manapun di seluruh Indonesia semua Warga Negara Indonesia (WNI) bisa mengajukan pinjaman dan mengajukan sebagai pemberi dana.

  • semua proses dilakukan dengan transparan, jaminan aman.

  • Aktivaku bisa mewujudkan impian banyak masyarakat menengah kebawah untuk memiliki properti.

KekuranganAktivaku

  • Saat membuka website belum ada pilihan untuk pemberi dana untuk memilih pinjaman yang akan diberi dana, karena yang terlihat hanya satu pinjaman.

  • Tenor untuk produk Take over terlalu cepat hanya 1 bulan

  • Bayak biaya yang timbul di bebankan ke peminjam dana.

  • Informasi yang diberikan di website mengenai produk kurang maksimal.

 

Kesimpulan

Menurut saya produk pinjaman yang ditawarkan Aktivaku menarik mulai dari mortgage, credit take over, bisa banyak membantu masyarakat untuk memiliki properti, prosesnya juga mudah, hanya perlu lebih di sosialisasikan ke masyarakat manfaat produk pinjaman yang ditawarkan Aktivaku.

Website: https://aktivaku.com/

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintekmedia - All Rights Reserved.