Apa Itu Kas Kecil (petty cash) dan Kas Besar (cash in bank)

Apa Itu Kas Kecil (petty cash) dan Kas Besar (cash in bank)


 

Dalam asset perusahaan pasti disediakan kas yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Jumlah kas yang disediakan sendiri tergantung kebijakan masing-masing perusahaan. Kas ini merupakan bagian dari asset lancar yang terdiri dari uang kertas, logam dan benda lainnya yang bisa dipakai sebagai alat pembayaran secara sah serta dapat diambil sewaktu-waktu (kapan saja). Setiap transaksi yang ada diperusahaan secara garis besar pasti akan mempengaruhi kas baik secara penerimaannya maupun pengeluaran. Kas sendiri terdiri atas dua jenis yakni kas kecil dan kas besar.

 

  1. Kas Kecil

Kas kecil atau Petty Cash merupakan dana yang disediakan untuk pengeluaran rutin di perusahaan dengan nominal yang relatif kecil. Beberapa contoh pengeluaran yang menggunakan kas kecil ialah biaya perjalanan, transport, biaya makan minum, pembelian ATK, ataupun pembelian untuk keperluan kantor dengan biaya yang kecil.

Tujuan dari pembentukan kas kecil ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mempercepat aktivitas bisnis yang sifatnya mendadak
  2. Kas kecil dibutuhkan untuk menghindari metode pembayaran yang dianggap tidak ekonomis dan tidak praktis
  3. Membantu para staf karyawan dalam memberikan pelayanan secara maksimal kepada pelanggan
  4. Digunakan untuk sebagai dana talangan atau dana langsung untuk jenis pembayaran yang tidak praktis atau tidak bisa menggunakan cek.
  5. Membayar pengeluaran yang nominalnya kecil

 

Metode Pengelolaan Kas Kecil

Pengeluaran kas kecil biasanya ditentukan batas maksimumnya dan tidak digunakan untuk pemberian pinjaman staf. Pengisian kas kecil biasa diajukan pemegang kas kecil kepada bendahara kas. Pemegang kas kecil ini juga menyiapkan daftar pengeluaran beserta bukti-bukti pembayarannya. Dalam pengelolaan kas kecil terdapat dua metode yakni metode tetap dan metode berubah-ubah.

  1. Metode Tetap

Metode tetap merupakan metode pembukuan kas kecil dengan rekening kas kecil yang dibuat tetap. Pengeluaran kas yang terjadi akan dikumpulkan terlebih dahulu buktinya dan dicatat dikemudian hari. Ciri-ciri dari metode tetap atau imprest fund system ialah pengisian dana kas kecil dilakukan dengan penarikan cek yang sama jumlahnya. Untuk langkah-langkah operasional metode tetap biasa dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini :

  1. Pemegang kas kecil diberi sejumlah dana untuk memenuhi pengeluaran yang dibutuhkan
  2. Apabila dana kas kecil habis atau hampir habis maka kasir akan membentuk dana kas kecil sesuai pengeluaran yang terjadi.

 

  1. Metode Berubah-Ubah

Metode pembentukan kas kecil yang kedua ialah metode berubah-ubah sesuai kebutuhan. Jumlah nominal kas kecil dalam metode ini tidak dapat ditetapkan karena berubah-ubah namun tidak melebihi batas dari pembentukan kas kecil itu sendiri. Ciri-ciri dari metode berubah-ubah atau fluctuating fund system antara lain besarnya jumlah dana kas kecil disediakan fluktuasi. Bukti pengeluaran kas kecil dicatat dalam buku jurnal kas kecil dan pengisian kembali dana kas kecil dicatat di debit dalam akun dana kas kecil.

 

  1. Kas Besar

Kas besar sering diistilahkan dengan Cash in Bank, yang mana ini merupakan dana yang disediakan untuk pengeluaran non rutin di perusahaan dengan nominal yang relatif lebih besar. Beberapa contoh pengeluaran yang menggunakan kas besar ialah pembayaran-pembayaran untuk keperluan kantor dengan biaya yang relatif besar, contohnya pembayaran sewa ataupun membeli asset yang nilainya lebih dari Rp. 1.000.000.

Tujuan dari pembentukan kas besar (cash in bank) ini adalah untuk :

  1. Mempercepat aktivitas bisnis yang sifatnya memerlukan biaya relatif lebih besar
  2. Kas besar dibutuhkan untuk menghindari metode pembayaran yang dianggap tidak ekonomis dan tidak praktis
  3. Digunakan untuk sebagai dana tidak langsung untuk jenis pembayaran yang membutuhkan dana cukup besar dan bisa menggunakan cek.
  4. Membayar pengeluaran yang nominalnya lebih besar

 

Sumber : Ayu, 1 Agustus 2018

 

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2020 Fintekmedia - All Rights Reserved.