Cara Meningkatkan Penjualan Online Produk Anda

Cara Meningkatkan Penjualan Online Produk Anda

 

Semua usaha pada dasarnya dilakukan dengan tujuan agar dapat memberikan keuntungan yang maksimal. Untuk memperoleh profit yang maksimal, tentunya penjualan setiap produk juga harus tinggi. Salah satu media yang bisa digunakan dalam meningkatkan penjualan adalah menggunakan media Internet. Namun, bagaimana cara meningkatkan penjualan online untuk produk atau bisnis kita?

Ada banyak cara meningkatkan penjualan online, yang penting Anda siap melakukan segala hal yang memang dapat membantu peningkatan omzet bisnis anda secara signifikan. Berikut ini kami share tipsnya untuk anda.

 

Inilah 11 Cara Meningkatkan Penjualan Online

Beberapa cara promosi di bawah ini dapat anda lakukan secara bertahap dan tidak mesti harus anda lakukan secara bersamaan. Saran kami, buatlah sebuah perencanaan promosi yang baik, agar anda bisa mengukur hasil dari setiap upaya yang anda lakukan.

 

1. Berikan Penawaran Awal Yang Reguler

Pada umumnya pasar online akan memberikan pilihan, mempertahankan penjualan atau melakukan promo untuk menarik perhatian pembeli. Lakukanlah hal ini secara teratur untuk mendapatkan keuntungan dari belanja di masa liburan (misal diskon 15% saat Hari Ayah, diskon 45% saat hari kemerdekaan, dll). Hal ini dapat membantu Anda dalam mendapatkan lalu lintas web secara reguler.

 

2. Gunakan Email Marketing

Pada saat pertama kali membuka toko, Anda akan mengirimkan email berupa pengumuman ke database. Pastikan ini terhubung secara langsung dari email ke toko Anda. Jika memungkinkan kirimkan newsletter secara mingguan dengan gambar yang besar dan persuasif namun ringkas untuk mempromosikan produk.

Selain itu, pastikan juga kontennya terhubung langsung ke masing-masing produk untuk mempermudah pembelian. Apabila ada diskon, umumkan dan promosikan melalui email agar pelanggan dapat segera mengambil keuntungan dari harga eksklusif yang diberikan.

 

3. Mulailah dengan Sebuah Blog

Blog merupakan salah satu cara untuk mempromosikan toko online secara tidak langsung. Sertakan satu link yang relevan ke toko Anda di setiap postingan blog (baik yang menghubungkan ke home atau ke produk) dan pastikan setiap blog informatif dan bermanfaat.

Blog yang berkualitas dengan konten yang kuat akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis online dan bisa menjadi proyek besar untuk berinvestasi.

 

4. Hubungi Blogger Tentang Produk Anda

Lakukan pencarian di Google yang berhubungan dengan produk Anda. Lihat komentar yang mereka terima dan seberapa besar popularitasnya di akun media sosial. Pada saat Anda menghubungi mereka, beritahukan alasan Anda menyukai blog tersebut secara spesiļ¬k. Lalu jelaskan secara singkat alasan mengapa Anda merasa produk Anda akan cocok untuk di review di blog mereka. Berikan contoh produk secara gratis dan tawarkan sampel lain sebagai hadiah. Anda akan mendapatkan ulasan bahwa pembaca akan mendapatkan produk gratis, sehingga barang Anda bisa dipromosikan langsung pada pembaca yang menjadi target Anda.

 

5. Kembangkan di Berbagai Media Sosial

Media sosial penting untuk mempromosikan toko online secara efektif. Namun dibutuhkan upaya dan waktu untuk mengumpulkan pengikut. Berikut beberapa situs yang dapat membantu pemasaran toko Anda, antara lain Facebook, Twitter, Intagram, Pinterest, Youtube, Google+, LinkedIn, Tumblr, dll.

 

6. Soroti Produk di Media Sosial

Pemasaran melalui media sosial akan efektif jika Anda posting secara teratur. Kebanyakan pelaku bisnis melakukannya sekali sehari atau 2-3 kali, tergantung seberapa banyak pengikut. Postinglah gambar yang menarik dari produk yang disertai penawaran menarik.

Selalu sertakan link yang dapat terhubung langsung ke produk tertentu untuk mempercepat pembelian di online shop. Selain itu, minta pengikut untuk mengirimkan gambar diri mereka yang memakai produk Anda atau gambar produk untuk meningkatkan interaksi dan memperluas jangkauan online. Gunakan alat perencanaan, seperti Hootsuite yang dapat mempermudah Anda mengelola media sosial.

 

7. Adakan Perlombaan di Media Sosial

Perlombaan adalah cara yang bagus untuk mempromosikan penawaran, mengarahkan lalu lintas ke toko Anda, dan meningkatkan pengikut di media sosial. Beberapa situs memiliki aturan khusus seperti Facebook, jadi pastikan Anda mengetahui hal tersebut sebelum memulai perlombaan. Anda bisa tawarkan salah satu produk sebagai hadiah atau beberapa paket hadiah lalu umumkan di semua situs sosial.

Posting sesering mungkin untuk mendorong orang mendaftar (gunakan alamat email Anda untuk membangun basis data emai). Lalu minta pemenang untuk mengirimkan foto mereka beserta hadiah yang telah dikirimkan ke halaman Anda. Katakan sesuatu, seperti “Ada banyak produk besar seperti ini yang dapat ditemukan di (masukkan URL)” untuk menarik orang-orang yang melihat postingan ini mengecek apalagi yang Anda tawarkan.

 

8. Cobalah Bayar Iklan di Media Sosial

Situs seperti Facebook dan Twitter menawarkan penggunaan iklan yang berbayar untuk menargetkan konsumen yang tepat. Jika Anda ingin mencoba Facebook, sebaiknya pilih metrik seperti “klik situs” atau “konversi situs” karena Anda ingin orang mengklik ke URL toko online bukan fan page. Pada Twitter gunakan “Promoted Tweets” untuk mempromosikan toko Anda.

Sertakan konten yang singkat, menarik dan URL untuk membantu mengarahkan lalu lintas. Misalnya, jika Anda membuat pakaian, tweet Anda akan dipromosikan seperti ini, “Apa tren #pakaian terpanas untuk musim panas ? Cari tahu disini: (masukkan URL singkat)”

 

9. Cetak URL Toko Anda pada Semua Material Pemasaran

Mulai dari kartu nama, brosur, dan segala sesuatunya, sertakan URL website Anda dimanapun Anda memasarkan bisnis. Jangan pernah meninggalkan rumah tanpa sesuatu yang dapat Anda berikan pada pelanggan potensial yang memiliki URL Anda.

 

10. Cetak URL pada Tas Belanja

Jika Anda memiliki toko, cobalah untuk mencetak URL pada tas belanja toko Anda. Pelanggan yang membawa tas tersebut secara tidak langsung akan mempromosikanya. Jika Anda memiliki anggaran, buatlah tas belanja yang dapat digunakan kembali dengan nama, logo, dan URL website.

Bagikan tas tersebut pada pelanggan yang telah menghabiskan sejumlah “X” uangnya. Selain itu cara ini juga dapat dilakukan bagi pelanggan yang memesan secara online dengan memasukkannya dalam paket.

 

11. Tempelan pada Tempat Dimanapun Anda Bisa

Tempelan atau Sticker adalah salah satu cara mudah untuk mempromosikan toko Anda. Anda bisa tempelkan di pintu toko dan di berbagai lokasi lain di seluruh toko serta jendela kendaraan. Anda juga bisa minta teman-teman, keluarga dan karyawan untuk melakukan hal yang sama termasuk alamat web Anda.

 

Demikianlah tips cara meningkatkan penjualan online yang sempat kami share pada postingan kali ini. Mari sama-sama terus belajar dan terus berupaya keras dengan cara cerdas.

Semoga bisnis anda semakin berkembang.

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintekmedia - All Rights Reserved.