Dana Cita Pinjaman Online Khusus Pendidikan Perguruan Tinggi

Dana Cita Pinjaman Online Khusus Pendidikan Perguruan Tinggi

Indonesia masuk dalam 15 besar negara dengan biaya pendidikan termahal, biaya pendidikan yang di alami orang tua jaman now memang mahal, mulai dari jenjang pendidikan playgroup, taman kanak- kanak biaya bisa mencapai puluhan juta, SD, SMP dan SMA negeri free biaya SPP tapi buku dan peralatan sekolah tetap menjadi tanggungan orang tua dan untuk pendidikan swasta tidak perlu di ragukan lagi biayanya. Perguruan tinggi adalah biaya pendidikan terbesar yang harus di keluarkan oleh para orang tua, jika tidak berinvestasi pendidikan anak sejak anak dini maka saat anak harus menempuh pendidikan perguruan tinggi/kuliah, para orang tua harus menjual harta benda untuk biaya masuk perguruan tinggi. Jaman now ada pinjaman online khusus untuk pendidikan, seperti yang akan Kami review hari ini, check this out!.

 

Apa Sih Dana Cita ?

Pendidikan anak itu ibarat investasi para orang tua, pendidikan anak di negara Indonesia menjadi hal penting untuk para orang tua agar anak-anak bisa hidup sukses di masa depan. Apa sih Dana Cita ? Dana Cita adalah salah satu Fintech P2P Lending legal di Indonesia, sudah terdaftar dan di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dana Cita di bawah PT Inclusive Finance Group mempertemukan pendana dan peminjam dana secara online, dengan proses cepat dan mudah. Platfrom yang beralamat di UOB Plaza Lantai 43, Jl. M.H, Thamrin kav 8-10, RT.14/RW.20, Kebon Melati, Jakarta Pusat 10230 ini menawarkan produk pinjaman khusus tanpa agunan untuk pendidikan formal (perguruan tinggi) maupun pendidikan informal (kursus) yang di bayarkan langsung ke lembaga pendidikan, kemudian di kembalikan oleh peminjam dengan tenor yang sudah di sepakati di awal pengajuan pinjaman.

 

Siapa Saja Yang Bisa Mengajukan Pinjaman Dana Cita

Dana Cita memudahkan siapapun untuk bisa mengajukan permohonan pinjaman dengan syarat usia 21 tahun keatas, kecuali bagi pelajar boleh mengajukan asalkan ada penjamin yang memiliki penghasilan, Pinjaman hanya khusus untuk lembaga pendidikan yang sudah menjadi mitra Dana Cita yang sudah BAN-PT atau pendidikan non formal yang telah bekerja sama dengan Dana Cita. Pendaftaran bisa pakai komputer atau smartphone, tapi jika pakai smartphone, wajib menggunakan smartphone pribadi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan Pinjaman bisa di akses oleh seluruh calon pelajar di wilayah Indonesia.

 

Perhatikan Dokumen yang di Perlukan Saat Pengajuan Pinjaman

Pinjaman yang di tawarkan Dana Cita tanpa uang muka atau down payment, jadi tidak menyulitkan para pelajar yang ingin mengajukan pinjaman melalui platfrom ini. Dokumen yang di perlukan adalah KTP, NPWP pelajar dan penjamin, Foto diri penjamin dengan background dan tulisan yang sudah ada di dalam website Dana Cita, Kartu Keluarga (KK) baik pelajar dan penjamin, tagihan resmi dari lembaga pendidikan, bukti domisili seperti tagihan listrik, Slip gaji atau rekening koran bagi penjamin atau pelajar yang sudah bekerja atau mempunyai penghasilan. Dokumen yang di perlukan cukup banyak tapi masih di tahap yang wajar.

 

Nilai Pinjaman dan tenor

Sebelum mendafatar atau mengajukan pinjaman, sebaiknya lihat dulu pinjaman yang ditawarkan oleh platfrom atau pinjaman online yang Anda pilih, tentukan pinjaman dana sesuai kebutuhan dan kemampuan, serem juga kan kalau tiba-tiba tidak bisa bayar cicilan karena ambil pinjaman yang tidak sesuai kemampuan.Dilihat dari nilai pinjaman yang di tawarkan Dana Cita sangat fleksible karena Platfrom ini bisa memberikan pinjaman untuk seluruh biaya penididkan dari awal masuk hingga lulus, tetapi dengan pinjaman pembayaran terdekat terlebih dahulu, setelah lunas Anda bisa mengajukan kembali hingga lulus pendidikan, dengan catatan pembayaran lancar dan tepat waktu. Tenor yang di berikan mulai 12-24 bulan, dengan bunga 1,00%-1,75% flat/ bulan (bunga pinjaman di sesuaikan dengan kredit skoring peminjam). Ada biaya tambahan untuk peminjam yaitu biaya administrasi Rp.100.000 dan biaya pinjaman sebesar 3% dari nilai pinjaman atau minimal Rp.100.000.

 

Cara Daftar dan Pembayaran

Cara daftar mudah , cukup buka website Dana Cita di https://danacita.co.id , klik daftar, konfirmasi pendafaran melalui email, login kembali dan isi semua form yang di perlukan, proses ini membutuhkan waktu 24 jam. Jika di setujui Anda akan mendapatkan surat penawaran yang berisi nilai plafon, tenor, surat penawaran ini berlaku 14 hari kerja, setelah surat penawaran di setujui, pihak Dana Cita akan melakukan verifikasi data, lalu surat perjanjian di tanda tangani, dan pinjaman akan langsung di cairkan ke rekening lembaga pendidikan yang sudah di pilih peminjam, jadi pinjaman dana tidak di berikan ke peminjam, tapi ke lembaga pendidikan yang sudah di pilih peminjam saat awal pengajuan pinjaman. Pengembalian pinjaman dapat dilakukan melalui transfer bank melalui ATM, I-Banking atau M-Banking. Lakukan pembayaran tepat waktu jika ingin terhindar dari denda keterlambatan. Denda keterlambatan yang di berikan platfrom ini adalah sebesar 6% dari nilai angsuran perbulan atau minimal Rp.100.000.

 

Kelebihan Dana Cita

  • Menawarkan pinjaman dana khusus untuk pendidikan
  • Pendaftaran mudah dan cepat, semua melalui online
  • Nilai pinjaman yang ditawarkan bisa membantu masyarakat menengah kebawah untuk menempuh pendidikan jenjang perguruan tinggi.
  • Pembayaran cicilan yang mudah dan perhitungan yang transparan
  • Tidak ada pembayaran DP

Kekurangan

  • Institusi pendidikan yang bekerja sama dengan Dana Cita belum terlalu banyak.
  • Pinjaman hanya khusus perguruan tinggi dan non formal (pendidikan formal SD, SMP, SMA belum bisa)

 

Kesimpulan

Dana Cita termasuk Financial Technology (FinTech) legal yang sudah terdaftar dan di awasi oleh OJK yang patut di acungi jempol karena menawarkan produk pinjaman dana cicilan untuk pendidikan, yang bertujuan agar bisa mempermudah dan membantu masyarakat Indonesia bisa menempuh pendidikan jenjang perguruan tinggi. Visi dan misi Dana Cita memang ingin mewujudkan cita-cita para pelajar di Indonesia, dengan syarat yang mudah dan proses yang cepat, masyarakat sudah bisa mengajukan pinjaman dana, sayangnya belum semua pendidikan formal  bisa mengajukan pinjaman, karena pinjaman formal hanya khusus di tingkat perguruan tinggi saja, semoga kedepan pendidikan formal SD, SMP, SMA juga bisa mengajukan pinjaman di Dana Cita.

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintekmedia - All Rights Reserved.