Fintek Batumbu Bidik UKM Salurkan Pinjaman Usaha

Fintek Batumbu Bidik UKM Salurkan Pinjaman Usaha

Tidak jauh dari rumah ada toko pernak pernik yang menjual berbagai macam barang yang bisa menjadi kado hari penting, mulai dari ulang tahun, melahirkan, pernikahan dan lain-lain. Toko buka mulai jam 10 pagi hingga jam 22 malam, sepanjang hari penuh dengan pembeli karena harga barang yang murah dan pembeli bisa langsung meminta penjaga toko untuk membungkus barang menjadi kado yang cantik. Awal buka toko ini hanya 1 kios, sekarang sudah menjadi 4 kios. Mau punya usaha jangan takut untuk memulai, karena jika hanya di pikirkan selamanya tidak akan terjadi dan hidup terus berjalan tapi kondisi Anda tetap jalan di tempat tidak ada kemajuan. Jika Anda sudah punya usaha kuncinya tetap konsisten, jika kekurangan modal, Anda bisa mengajukan pembiayaan melalui Fintek yang akan Kami review hari ini.

 

Fintek Batumbu ?

Kepala Grup Inovasi Keuangan Digital dan Pengembangan Keuangan Mikro Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Triyono mengatakan bahwa “sebanyak 70% UMKM/UKM di Indonesia belum mendapatkan akses pembiayaan”. Batumbu hadir untuk memberikan pembiayaan bagi UKM yang belum tersentuh bank, agar UKM di Indonesia bisa maju dan berkembang dengan baik. Batumbu adalah salah satu platform P2P lending legal di Indonesia sudah terdaftar di OJK, yang mempertemukan pendana dan peminjam dana secara online. Platform yang beralamat di Sopo Del Tower, Lt.20 CBD Mega Kuningan, Jl. Mega Kuningan Barat III, RT.4/RW.5, Kuningan Timur, Jakarta Selatan ini menawarkan 3 produk pinjaman khusus UKM baik yang sudah berbadan hukum atau pun belum berbadan hukum, Purchase Order Financing, Invoice Financing dan Working Capital Financing. Pembiayaan yang di tawarkan beragunan seperti underlying document (dokumen rujukan) untuk dasar pencairan dan Personal Garansi, jadi agunan bukan dalam bentuk asset tetap.

 

Syarat Akses Batumbu dan Syarat Dokumen

Platform yang berada di bawah PT. Berdayakan Usaha Indonesia ini menawarkan pembiayaan dengan sistem kemitraan tertutup. Artinya Batumbu membidik UKM yang dimiliki oleh suatu perusahaan (buyer, supplier dan vendors dari perusahaan yang sudah menjadi mitra Batumbu), artinya UKM yang belum menjadi mitra belum bisa mengakses pembiayaan platform ini. Syarat lengkap agar bisa mengakses pembiayaan platform ini adalah usaha ekonomi produktif baik perorangan, CV maupun PT yang memiliki pendapatan pertahun sampai dengan 50 miliar dan memiliki reputasi baik tentunya. Dokumen yang diperlukan KTP untuk perorangan dan akta pendirian serta pengesahan Kemenkumham untuk perusahaan, NPWP, dokumen perijinan usaha dan dokumen pembuktian kebutuhan pembiayaan (invoice, kontrak kerja, laporan keuangan, rekening koran, atau dokumen lainnya yang sejenis). Masih di tahap wajar untuk syarat dokumen yang di perlukan.

 

Plafon, Tenor dan Bunga Batumbu

Nilai plafon yang di tawarkan platform ini cukup besar dan pasti dengan nilai plafon yang besar sangat bisa membantu para UKM untuk mengembangkan usaha. Nilai Plafon Batumbu mulai dari Rp.10.000.000-2 Miliar, dengan tenor 90-180 hari dan 12 bulan dan bunga mulai dari 15%-20% pertahun, aka nada biaya yang di bayarkan di awal sebesar 1%. Masing-masing produk pembiayaan seperti nilai plafon, tenor dan bunga akan berbeda dan nilai pembiayaan Purchase Order Financing sebesar 60% dari nilai PO, untuk invoice sebesar 80% dari nilai invoice.

 

Cara Akses Batumbu

Cara akses platform Batumbu sangat mudah, semua di akses melalui website Batumbu, bisa menggunakan handphone, PC, laptop. Kunjungi website Batumbu.id, baca-baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang ada, Anda juga bisa melakukan simulasi pinjaman pada dashboard website, pilih ingin menjadi pendana atau yang menerima pembiayaan, setelah itu isi semua form yang ada, selanjutnya aka nada verifikasi email dan nomor ponsel, setelah itu lanjutkan isi semua form dan dokumen yang di perlukan. Proses pengajuan pinjaman hingga terdanai maksimal 4 hari, jadi sabar menunggu ya, proses ini bisa lebih cepat jika dokumen lengkap dan pembiayaan Anda sudah ada yang mendanai.

 

Cara Pembayaran

Biasanya suka kesal ya, menagih hutang ke orang yang sudah berhutang, alih-alih bayar saat di tagih, malah biasanya yang berhutang lebih galak dari yang memberi hutang, jangan seperti itu ya, yang namanya hutang adalah wajib hukumnya untuk di bayar, jika tidak membayar di dunia, di akhirat aka nada pertanggung jawabannya, karena setiap perbuatan harus ada pertanggung jawabannya, jadi ceramah ya, kembali lagi kuy jadi untuk pembayaran pinjaman cukup mudah melalui transfer bank, bisa di ATM, Teller, I-Banking atau M-Banking, disarankan menggunakan ATM atau mobile banking, karena pengalaman pribadi jika menggunakan I-banking banyak yang gagal jika beda bank.

 

Kelebihan dan Kekurangan Batumbu

Batumbu menurut Kami dilihat dari produk pembiayaan yang di tawarkan cukup bagus, karena untuk pembiayaan produktif bukan konsumtif, yang lebih keren lagi niat ingin memajukan para UKM di Indonesia agar bisa berkembang dengan baik patut di acungi jempol dan untuk websitenya semua informasi lengkap baik untuk pendana maupun peminjam dana. Bicara kekurangan hamper tidak ada tapi setiap hal pasti ada kelebihan dan kekurangan, minus Batumbu adalah pinjaman hanya untuk vendor, supplier dan vendor yang sudah menjadi mitra Batumbu.

 

Kesimpulan

PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu) adalah salah satu Fintek P2P Lending legal yang sudah terdaftar dan di awasi oleh OJK, yang bergerak pada pinjaman produktif atau modal usaha bagi perusahaan usaha kecil dan menengah (UKM). Produk pinjaman khusus UKM yang ditawarkan beragunan yang bukan dalam bentuk asset tetap tetapi dalam bentuk dokumen rujukan yang di tentukan Batumbu.

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintekmedia - All Rights Reserved.