Fintek Lending Melakukan Mitigasi Resiko Untuk Menghadapi Dampak Penyebaran Virus Corona

Fintek Lending Melakukan Mitigasi Resiko Untuk Menghadapi Dampak Penyebaran Virus Corona

Kebijakan pemerintah buat kurangi interaksi secara sosial ataupun social distancing sebab virus corona, menjadikan fintek lending pemecahan untuk yang mau memperoleh akses pendanaan tanpa butuh bertatap muka.

SVP Head of Corporate Affairs Uangteman Roberto Sumabrata mengatakan, ada pertumbuhan pengajuan di aplikasi UangTeman. Namun, mitigasi risiko tetap dilakukan.

Kata Roberto, dengan kemajuan teknologi E-KYC (Electronically Know Your Customer), semua proses mulai dari download aplikasi, pengajuan pinjaman, verifikasi data, perjanjian digital, pencairan, sampai dengan penagihan dapat dilakukan melalui teknologi finansial, sehingga kebutuhan keuangan masyarakat yang mungkin muncul dalam kondisi saat ini bisa tetap terpenuhi dengan baik.

"Bahkan kami mencatat ada pertumbuhan pengajuan di applikasi UangTeman sebesar 20% dalam beberapa hari ini," ujar Roberto kepada Kontan.co.id, Jumat (20/3).

Sementara, Head of Marketing and Alliances Kredivo Indiana Andamari mengatakan, mitigasi risiko Kredivo cukup kuat dan bukan hanya diterapkan karena adanya virus corona.

"Sebagai lender yang konservatif, kami juga konservatif dalam appoval calon pengguna juga dalam pemberian kredit limit. Jadi untuk saat ini kami belum melihat adanya peningkatan risiko," ujar Indiana kepada Kontan, Jumat (20/3).

Indiana mengaku portofolio nasabah Kredivo dalam keadaan baik. Ia menambahkan, jika Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerapkan stimulus pada fintek, tentunya akan mengikuti kebijakan tersebut.

Sementara, Direktur Utama Akulaku Finance, Efrinal Sinaga mengatakan, mitigasi risiko yang dilakukan antara lain dengan meningkatkan kualitas scoring, asuransi atas objek pembiayaan, dan Asuransi jiwa bagi nasabah.

Efrinal mengaku, hingga saat ini keadaan nasabah Akulaku Finance Indonesia (AFI) masih normal dan stabil. "Belum ada peningkatan nasabah, masih normal saja," ujar Efrinal.

Sumber: Kontan

 

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2020 Fintekmedia - All Rights Reserved.