Fungsi Manajemen Keuangan Pada UKM, Tips Mudah Mengelola Keuangan Usaha

Fungsi Manajemen Keuangan Pada UKM, Tips Mudah Mengelola Keuangan Usaha

 

Saat Anda mendirikan sebuah bisnis maka tahap awal adalah perencanaan. Banyak sekali perencanaan yang harus Anda tuliskan. Salah satunya dan yang paling penting adalah manajemen keuangan yang harus Anda jalankan. Manajemen keuangan yang tidak sesuai dengan porsinya akan menyebabkan Anda mengalami kerugian dan kehabisan modal. Untuk itu disinilah fungsi manajemen keuangan pada UKM yang Anda jalankan.

Uang menjadi sesuatu yang cukup penting, tanpa pengelolaan yang baik dan benar maka bisa menyebabkan uang itu tidak jelas peruntukannya. Sehingga harus direncanakan dengan baik. Karena dalam mengelola keuangan harus bisa dilakukan perincian yang benar dan alokasi yang jelas.

Terutama untuk UKM, karena sangat jarang orang yang baru memulai usaha kecil dan menengah menggunakan modal yang ia miliki dengan benar. Mereka sering mengabaikan manajemen keuangan dalam mengucurkan modal usaha yang akan digunakan. Serta tidak ada perencanaan yang baik dalam mengelola dana tersebut.

Manajemen Keuangan Pada Usaha Kecil

Pada umumnya, manajemen keuangan lebih sering digunakan oleh perusahaan besar. Bukan berarti pada usaha kecil, manajemen keuangan tidak perlu diterapkan. Karena, usaha kecil harus memberikan perhatian yang sesuai pada pengelolaan dana tersebut.

Pengelolaan keuangan memang tidak bisa terlepas dari akuntansi. Untuk itu sedikit pemahaman tentang akuntansi diperlukan oleh pengusaha kecil, agar usaha mereka tetap berjalan dan berkembang serta modal yang sudah dikeluarkan bisa kembali dalam waktu yang sudah ditetapkan.

Masalah yang sering muncul dari pelaku UKM mereka tidak bisa memegang uang yang cukup banyak. Hal inilah yang selama ini tidak dipahami dengan baik oleh pengusaha UKM. Ketika mereka mendapatkan keuntungan yang cukup banyak, setelah itu pula mereka tidak bisa membagi keuntungan secara proporsional untuk dikelola menjadi modal lagi. Lebih sering keuntungan yang diperoleh dari hasil usaha digunakan untuk uang pribadi.

Sebagai seorang Bussiness man, Anda harus mengetahui fungsi dari pengelolaan keuangan yang baik untuk bisnis. Karena masalah financial adalah masalah yang vital, tanpa memiliki catatan keuangan yang jelas dalam bisnis, maka sangat sulit bisnis Anda untuk berkembang.

Pengertian Manajemen Keuangan

Apakah Anda sudah tahu pengertian dari pengelolaan keuangan? Jika belum maka Anda harus mengetahui apa fungsi dari manajemen keuangan. Manajemen keuangan adalah bagaimana cara mendapatkan dana modal, pencatatan transaksi, pengelolaan, dan penyimpanan dana yang dilakukan oleh para individu.

Sehingga Anda sebagai pelaku UKM harus melakukan pencatatan-pencatatan setiap transaksi yang terjadi dalam usaha. Bahkan hingga hutang pun harus Anda catat, sebagian besar pelaku UKM tidak pernah mencatatkan hutang yang mereka peroleh. Sehingga aliran hutang tidak pernah jelas alokasinya.

Dengan adanya pengelolaan keuangan yang baik, maka Anda bisa mengelola sumber-sumber modal dengan baik dan seksama. Sehingga pengeluaran pun bisa dipantau dengan baik dan bisa jelas alirannya kemana.

Fungsi Manajemen Keuangan Pada UKM

Ada beberapa fungsi yang harus Anda ketahui dengan diterapkannya pengelolaan keuangan yang baik. Berikut beberapa fungsinya sehingga Anda mengetahui manfaat yang diperoleh.

Memiliki Rencana Keuangan

Salah satu fungsi manajemen adalah perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan harus ada dan selalu dipegang oleh pelaku UKM. Rencana keuangan pun tidak hanya berlaku saat akan mendirikan UKM, tetapi rencana keuangan harus diterapkan juga dalam pengembangan usaha.

Mengetahui Jumlah Transaksi

Anda juga harus memiliki pencatatan jumlah transaksi yang jelas dan benar. Pencatatan transaksi harus dicatat setiap transaksi harian. Tanpa adanya catatan transaksi, maka sangat sulit Anda mengetahui berapa jumlah transaksi yang terjadi dalam satu hari. Terlebih jika Anda tidak selalu mengawasi usaha setiap hari.

Pengendalian Keuangan

Fungsi manajemen keuangan pada UKM selanjutnya adalah pengendalian keuangan. Dengan adanya pengelolaan keuangan yang baik, maka pengendalian keuangan juga akan jelas. Untuk apa saja dana modal dikeluarkan, dan untuk apa keuntungan usaha. Inilah salah satu hal terpenting dari financial management.

Mengetahui Jumlah Hutang

Dengan adanya pengelolaan keuangan yang baik, maka Anda bisa mengetahui jumlah hutang yang Anda miliki. Karena sangat jarang pelaku usaha yang mengetahui jumlah utang yang mereka miliki, baik itu misalnya hutang dari Bank, hutang barang, dan hutang dengan investor.

Mengetahui Jumlah Keuntungan

Selain mengetahui jumlah hutang, adanya fungsi manajemen keuangan pada UKM, bisa mengetahui jumlah keuntungan yang diperoleh pada periode tertentu. Sehingga Anda bisa mengetahui berapa jumlah keuntungan atau laba yang diperoleh dari usaha Anda.

Semakin berkembang usaha milik Anda, maka akan semakin kompleks pula pengelolaan keuangan Anda. Tentunya hal ini sangat sulit dilakukan secara manual, Anda harus bisa menggunakan program akuntansi untuk manajemen keuangan pada UKM milik Anda.

Demikian, semoga tulisan ini bermanfaat  untuk para UKM.

 

Published by  Iskandar Rumi at  September 20, 2017

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintektok - All Rights Reserved.