Fungsi Penting Laporan Keuangan Usaha Kecil Menengah

Fungsi Penting Laporan Keuangan Usaha Kecil Menengah

 

Sehat atau tidaknya sebuah bisnis dilihat dari laporan keuangan usahanya baik itu bisnis kecil maupun besar.

Laporan dan catatan keuangan ini berfungsi sebagai tolak ukur kesuksesan sebuah bisnis.

Ini beberapa fungsi Laporan keuangan yang baiknya Anda pahami dalam praktek operasional keuangan sehari-hari.

 

PENCATATAN KEUANGAN DAN FUNGSINYA

Pencatatan Keuangan sering kali dianggap remeh oleh pemilik bisnis. Padahal sangat penting untuk kelangsungan bisnis yang dijalankan.

Pencatatan meliputi semua transaksi yang terjadi baik itu keluar maupun masuk.

Tanpa adanya pencatatan, maka akan sulit untuk membuat laporan keuangan usaha Anda.

 

Fungsi dari Pencatatan Keuangan dapat dilihat oleh pemilik bisnis dari sisi :

1. PERKEMBANGAN USAHA DAPAT DIKETAHUI SECARA DETIL

Apabila Anda mencatat detil transaksi dalam usaha Anda, maka Anda dapat mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis Anda. Progress bisnis dapat ditinjau apakah ada peningkatan atau penurunan atau malah stagnan.

Kondisi ini dapat dilihat dari catatan keuangan yang dimiliki dan dikonversi ke laporan keuangan.

Dengan mengetahui kondisi bisnis, maka visi bisnis dapat dicapai. Begitu pula dengan misi bisnis Anda.

Sehingga strategi dapat disusun dengan baik. Jadi bisnis akan mencapai pertumbuhan yang lebih baik.

 

2. KONDISI KEUANGAN USAHA DAPAT DIKETAHUI

Hidup matinya sebuah usaha ditentukan dari kondisi keuangan bisnis Anda. Nah, untuk mendapatkan gambaran kondisi keuangan yang pasti dan akurat tentu pencatatan keuangan harus jelas dan terperinci.

Dengan demikian Anda memiliki gambaran kondisi keuangan yang akurat. Pencatatan Keuangan sangatlah krusial apalagi untuk UKM yang baru saja berdiri.

Hal ini karena dari laporan keuangan dapat dilihat kondisi keuangan usaha dari periode tertentu, misalkan per bulan atau per tahun.

 

3. SUMBER PENGAMBIL KEPUTUSAN

Laporan dan pencatatan keuangan usaha dapat dijadikan sebagai sumber pengambil keputusan.

Jika selama satu bulan ini bisnis merugi, maka Anda bisa menentukan rencana apa yang dapat dilakukan. Tidak hanya itu, strategi bisnis dan tujuan bisnis Anda dapat direncanakan dengan matang.

Jadi betapa pentingnya sebuah laporan keuangan dan pencatatannya untuk kelangsungan bisnis. Selain itu penyusunan strategi yang baik untuk perkembangan bisnis Anda.

 

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintekmedia - All Rights Reserved.