Istilah Penting Dalam Dunia Keuangan

Istilah Penting Dalam Dunia Keuangan

Financial inclusion/Inklusi keuangan adalah ketika individu dan bisnis memiliki akses ke produk dan layanan keuangan yang bermanfaat dan terjangkau yang memenuhi kebutuhan mereka yang disampaikan dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Dapat pula Inklusi keuangan didefinisikan sebagai ketersediaan dan kesetaraan peluang untuk mengakses layanan keuangan. Mereka yang mempromosikan inklusi keuangan berpendapat bahwa jasa keuangan dapat dipandang memiliki eksternalitas positif yang signifikan ketika lebih banyak orang dan perusahaan berpartisipasi. Salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan yang tidak memiliki rekening bank dan yang tidak memiliki rekening bank untuk memiliki akses yang lebih baik ke layanan keuangan. Ketersediaan layanan keuangan yang memenuhi kebutuhan spesifik pengguna tanpa diskriminasi adalah tujuan utama dari inklusi keuangan. Misalnya, Di Amerika Serikat, kondisi ini mewakili sepertiga dari komunitas Hispanik yang lahir di Amerika dan setengah dari komunitas Hispanik asing yang tinggal di Amerika Serikat tetap tidak memiliki rekening bank. Untuk contoh ini, memberikan jasa keuangan adalah kunci untuk pertumbuhan sebagai masyarakat.


Unbank di artikan seseorang tidak memiliki rekening di bank

Unbank and underserved memiliki arti seseorang yang tidak memiliki rekening bank sehingga tidak mendapatkan layanan dalam industri keuangan yang legal. Sebagai contoh ada seseorang yang membutuhkan pinjaman untuk suatu keperluan, akan tetapi karena tidak memiliki rekening di bank maka tidak ada Lembaga keuangan baik bank maupun non bank yang dapat membantu orang tersebut.


Transparant/Transparan/Terbuka dalam dunia keuangan dapat diartikan tidak ada hal yang ditutupi, jelas, terbuka terutama dalam setiap transaksi atau layanan di industri keuangan baik bank maupun non bank. Contohnya, pada saat kita mendapatkan kredit dari bank/non bank maka harus jelas, besaran bunga, angsuran, jangka waktu, serta kewajiban dan hak kedua belah pihak baik pemberi pinjaman ataupun peminjam.


Innovation/inovasi, dalam dunia keuangan dapat diartikan melakukan sesuatu yang baru atau memperbaharui sesuatu yang lama agar sesuai perkembangan jaman. Sebagai contoh adalah pembukaan rekening di perbankan, jaman dahulu kita harus ke bank untuk melakukan pembukaan rekening. Sekarang kita cukup dari telephone genggam sudah dapat membuka rekening perbankan.


Fintech adoption/adaptasi finansial teknologi dapat diartikan perubahan dalam industri keuangan dari yang lama ke yang baru, dari cara manual menjadi cara digital mengikuti perkembangan teknologi dan informasi serta kehadiran internet. Penyatuan finansial teknologi disini sebagai contoh kemudahan pinjaman hanya bermodalkan ktp serta melalui telephone genggam, contoh lainnya adalah pembukaan rekening bank yang tidak perlu datang ke bank, cukup dari telephone genggam.
 

Big data/Data yang besar, artinya sebuah industri tidak dapat berdiri sendiri tetapi harus bekerja sama dengan industri yang lain agar memperoleh informasi yang lengkap tentang sesuatu hal, dalam dunia keuangan bisa diartikan informasi tentang nasabah dan segala aspek yang berhubungan dengan dunia keuangan di Lembaga keuangan bank maupun non bank secara lengkap atau ada yang menyebutkan. Data tersebut bukan hanya identitas diri tetapi juga latar belakang, pekerjaan, bahkan keluarga dan orang terdekat.


Alternative data/data yang lain dapat diartikan sebuah data yang menjadi pendukung atau tambahan bagi data utama, misalnya data nasabah. Yang utama adalah ktp, data alternatifnya bisa no kontak keluarga tidak serumah, bisa rekening listrik.


Credit scoring/Kredit Skor adalah penilaian atau nilai seseorang untuk menentukan layak atau tidaknya mendapatkan pinjaman. Kredit skor merupakan bagian dari aturan know your customer, pengetahuan tentang nasabah bank. Kredit skor terdiri dari bermacam-macam mulai dari transaksi di rekening bank bersangkutan hingga data nasabah tersebut di bank Indonesia biasa di sebut BI checking.


Artificial intelligent/Kecerdasan Buatan, ini merupakan teknologi terbaru di dunia dan sudah banyak di gunakan termasuk dalam dunia keuangan. Dengan adanya kecerdasan buatan maka kebutuhan dari nasabah keuangan tersebut dapat diketahui sehingga terjadi hubungan yang era antara Lembaga keuangan dengan nasabah. Selain itu kecerdasan buatan dapat melakukan prediksi pergerakan investasi seperti mata uang dan saham. Dan yang terpenting dengan adanya kecerdasan buatan maka semakin mudah Lembaga keuangan menghindari penipuan dari nasabah, seperti tanda tangan palsu atau dokumen palsu.

 
Data security/Keamanan Data, pengertian keamanan data disini adalah data dari nasabah Lembaga keuangan, semua data termasuk foto dan dokumen harus aman dan terjamin tidak dapat dilihat oleh pihak yang tidak berkepentingan.


Agile, fast simple, personalized dalam dunia keuangan dituntut untuk tangkas (agile), cepat (fast), sederhana (simple), dan personal (personalized) dalam melayani nasabah. Lembaga keuangan harus dapat memenuhi kebutuhan nasabahnya dibidang keuangan dengan cepat, tetapi tetap mengutamakan kesederhanaan, dan yang paling penting sesuai dengan nasabah tersebut. Sebagai contoh ada seorang nasabah yang ingin berinvestasi dan nasabah tersebut termasuk orang yang tidak suka resiko. Maka Lembaga keuangan harus dapat memberikan sebuah investasi yang mudah dipahami oleh nasabah tersebut dan tentu saja resikonya kecil bahkan tidak ada.


Data privacy/Privasi Data, data nasabah yang ada di perbankan merupakan milik nasabah tersebut dan dengan ijin nasabah tersebut dapat dipergunakan oleh bank tersebut. Jadi segala penggunaan data nasabah harus seijin nasabah tersebut.

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintektok - All Rights Reserved.