Jasa Marga Mengembangkan Pembayaran Tol Menggunakan QR Code, Gimana Tuh?

Jasa Marga Mengembangkan Pembayaran Tol Menggunakan QR Code, Gimana Tuh?

Jasa Marga lagi melaksanakan pengkajian menimpa pembayaran jalur tol dengan QR Code. Perihal ini dicoba buat memesatkan transaksi di tiap gate alias gerbang tol.

Direktur Keuangan Jasa Marga, Donny Arsal menjelaskan nantinya kemungkinan tidak akan ada proses tap lagi dalam transaksi pembayaran jalan tol. Kemungkinannya, menggunakan stiker dengan QR Code yang akan ditempel di bagian depan mobil.

"Ke depannya, mungkin akan tidak tap lagi kemungkinan akan ada stiker. Stiker jadi kita tempelin di headlamp misalnya, atau bagian depan mobil lah," jelas Donny di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Selanjutnya, Donny memaparkan akan ada mesin pembaca QR Code di gerbang jalan tol. Nantinya, mesin akan membaca QR Code pada stiker yang ditempelkan di depan mobil, setelah itu gerbang tol akan terbuka.

"Kemudian ada reader (mesin pembaca) yang baca stikernya, nanti kebuka gate-nya. Jadi nggak usah buka jendela lagi, apalagi kalau hujan," ucap Donny.

KIni pihaknya sedang menunggu izin dari pemerintah, meski begitu uji coba telah dilakukan. Menurutnya, hal itu dilakukan agar saat izin turun Jasa Marga sudah siap mengimplementasikan teknologi canggih sebagai pembayaran jalan tol.

"Tahap awalnya kita tunggu aturan pemerintah, teknologi yang akan digunakan. Kita masih tunggu izin dari pemerintah, tapi uji coba sih dari tahun lalu, agar siap go-live kalau sudah ada izinnya," papar Donny.

Sumber: Detik

 

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintekmedia - All Rights Reserved.