Karakteristik Brand yang Efektif

Karakteristik Brand yang Efektif

Branding dalam UKM sangatlah diperlukan. dalam hal ini tujuannya adalah meningkatkan penjualan yang menjadi target usaha UKM tersebut. UKM yang telah menjalami usahanya akan terus berusaha untuk meningkatkan nilai usahanya, dimana mereka akan membuat suatu merek berupa "brand" atas produk yang mereka jual. Misal  UKM A menjual kue yang berberda dari yang lain, dimana rasanya enak, banyak yang membeli, harga nya terjangkau dan prospek penjualannya besar. 

Maka UKM tersebut akan meningkatkan nilai jualnya dengan mem "brand" kan produk yang mereka jual. Sehingga dalam jangka panjang akan menghasilkan omzet yang meningkat, lebih besar dan lebih prospek. Oleh sebab itu, UKM akan berusaha untuk menciptakan brand yang efektif bagi produk yang mereka jual. 

Untuk menciptakan brand yang efektif maka berikut adalah beberapa karakteristik umum dari brand yang sukses :

 

1. Pemahaman Audiens

Brand-brand yang terkenal biasanya memiliki pemahaman menyeluruh tentang target pasar, minat pasar dan bagaimana mereka berkomunikasi.

Sangat penting untuk memahami target pasar karena hal ini dapat memberikan anda arahan untuk membuat strategi pemasaran dan juga mengembangkan identitis brand untuk menciptakan hubungan antara bisnis dengan konsumen.

Dalam membuat brand yang efektif anda tidak bisa mencoba untuk menarik semua orang dengan mengabaikan target pasar.

2. Brand yang Unik

Salah satu cara membangun indentitas brand adalah menciptakan sesuatu yang memiliki keunikan dan inovatif.

Oleh sebab itu, Ketika anda akan menciptakan sebuah brand maka anda harus membuat ide yang revolusioner dan memiliki keunikan tersendiri sehingga dapat terhindar dari persaingan.

3. Gairah

Untuk membangun sebuah brand yang kuat tidak mungkin dibangun dalam jangka waktu yang pendek sehingga dibutuhkan gairah yang lebih untuk tetap memperjuangkannya dalam waktu yang panjang.

Dengan gairah tersebut maka anda akan serius dan terus antusias untuk bekerja keras mengembangkan brand untuk jangka waktu panjang.

4. Konsistensi

Ketidakkonsistenan sering dijadikan alasan bagi konsumen untuk berpindah kepada pesaing atau kompetitor anda.

Tidak ada seorangpun konsumen yang ingin berurusan kembali dengan bisnis yang tidak memiliki konsistensi.

Ketika konsumen kembali membeli produk anda maka biasanya mereka berhadap menerima tingkat kualitas yang sama atau lebih seperti ketika saat pertama kali mereka membeli.

Itulah pentingnya konsistensi dengan mematuhi standar kualitas tertentu yang telah dibuat pada produk atau layanan.

5. Daya Saing

Untuk memimpin dan memiliki keunggulan terbilang sangat sulit di dalam dunia bisnis.

Bahkan merek yang telah menjadi sukses dalam industri apapun tidak akan pernah berhenti dan berharap konsumen merek tetap loyal.

Mereka akan terus bekerja keras untuk mengembangkan dan mengoptimalkan brand mereka melampaui harapan konsumen.

Ketika brand anda menjadi pemimpin dalam bidangnya maka brand tersebut akan memiliki daya saing yang kuat karena memiliki keunggulan dibanding dengan brand-brand pesaing.

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintekmedia - All Rights Reserved.