Kembangkan Potensi Bisnis Bersama KREDITPRO

Kembangkan Potensi Bisnis Bersama KREDITPRO

Antara Tahun 2015-2016 perusahaan tempat saya bekerja bangkrut, karena ada beberapa masalah yang mengakibatkan perusahaan gulung tikar, salah satunya adalah kekurangan modal, padahal beberapa project masih terus berjalan, sayangnya untuk menunggu pembayaran piutang dari client perusahaan besar itu terbilang cukup lama, bisa 3-6 bulan setelah pekerjaan selesai baru invoice cair, padahal cost perusahaan pasti terus berjalan, dan cost untuk project-project selanjutnyapun terus berjalan, mencari pinjaman ke perbankan tidak semudah yang dibayangkan, akhirnya lama kelamaan lebih banyak payable dari pada receiveable, akhirnya terdengar juga saat bos bilang kalau perusahaan bangkrut dan uang pesangonpun tidak terbayarkan, langsung nangis bombay karena hehehe cicilan masih panjang.Sayang ya, jika mendengar suatu perusahaan bangkrut karena kekurangan modal, karena untuk membangun suatu perusahaan itu butuh kerja keras, waktu lama dan pengurusan dokumen legal yang tidak dibilang mudah juga.Tapi itu cerita lama, sekarang di era digital sebuah perusahaan jika ingin mengerjakan project tapi tidak ada dana, atau kekurangan modal ada yang namanya Pinjaman Online KreditPro, seperti apa KreditPro, akan di bahas disini media online Fintech Modal Antara.

 

KreditPro sebenarnya sama dengan FinTech lainnya di Indonesia, tapi ada perbedaan yang unik yaitu memberikan pinjaman ke sebuah komunitas atau group yang disebut “Dana Komunitas”. KreditPro merupakan perusahaan Financial Technology (FinTech) lending di bawah Perusahaan  Financial Technology ternama PT.Digiasia Bios yang menyediakan investasi Peer-To-Peer Lending (P2P Lending) dengan menghubungkan investor dengan peminjam.KreditPro mengkhususkan pinjaman online untuk membantu pembiayaan bisnis dengan mekanisme produk modal kerja talangan invoice / Purchase Order (PO), kegiatan pendanaan yang dilakukan dengan cara menjaminkan tagihan invoice atau bukti pemesanan (PO) yang sedang berjalan sebagai sumber pembayaran pinjaman untuk tambahan modal kerja.Menurut Adelheid Helena Bokau dari KreditPro dalam sebuah acara Fintech mengatakan “bahwa perusahaan yang mendapatkan project tapi tidak mempunyai modal untuk membeli bahan baku, bisa mengajukan dana pinjaman online dengan jaminan Invoice / PO.

Ini hal yang paling penting dalam mencari pinjaman online, yaitu pinjaman online legal dan terdaftar  serta di awasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), karena akan banyak masalah yang muncul di kemudian hari jika terjebak di pinjaman online tidak legal, seperti jika gagal bayar atau ada keterlambatan pembayaran, biasanya pinjaman online tidak legal tidak mengikuti aturan dari OJK dalam melaksanakan penagihan, bahkan ada beberapa tindak kekerasan yang terjadi dalam penagihan ke peminjam.KreditPro termasuk dalam perusahaan pinjaman online legal karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).Untuk melihat Perusahaan FinTech legal bisa lihat di website ini http://www.Modalantara.com atau website resmi OJK.

 

Produk Yang di Tawarkan KreditPro

A.Pinjaman Bisnis di bagi dua kategori :

  1. Invoice Financing adalah produk pinjaman bagi pengusaha yang membutuhkan modal usaha cepat untuk membayarkan invoice yang belum di bayar klien atau supplier agar dapat meringankan cashflow perusahaan.

  2. Working Capital adalah pinjaman yang ditujukan untuk pengusaha yang memerlukan dana tunai untuk modal, agar usahanya semakin berkembang dan maju.

B.Pinjaman Dana Komunitas

Pinjaman Dana Komunitas adalah pinjaman yang di peruntukan untuk anggota komunitas atau group pengusaha minimal 7 orang.

C.Pendana atau lender

Pendana atau lender adalah pemberi pinjaman dana atau penanam modal yang meminjamkan dana untuk membantu pengusaha mengembangkan bisnisnya.

 

Dari semua produk yang ditawarkan KreditPro, saya lebih tertarik produk Invoice Financing, karena ini sangat membantu sekali pengusaha-pengusaha muda yang membutuhkan uang cash cepat untuk menjalankan project yang akan di kerjakan, cashflow perusahaan pasti terbantu dengan produk Invoice / PO Financing ini.





 

Syarat Pengajuan Pinjaman

Syarat yang diberikan KreditPro untuk semua pinjaman, hampir sama yaitu memiliki legalitas perusahaan, masih wajar ya dan tidak sulit karena sebuah perusahaan memang harus memiliki legalitas resmi.Hanya satu syarat yaitu omset perusahaan minimal 2 milyar Rupiah yang masih kurang menurut saya, karena perusahaan kecil dengan omset dibawah 2 milyar Rupiah jadi tidak bisa melakukan pinjaman untuk menambah modal, padahal justru perusahaan kecil yang sedang berkembang lebih banyak membutuhkan tambahan modal usaha, tapi di KreditPro untuk pengusaha kecil menengah bisa terbantukan dengan produk dana komunitas dengan syarat harus komunitas / group.Dibawah ini beberapa syarat melakukan pinjaman online KreditPro :

Invoice /PO Financing

  1. Minimal usaha sudah berjalan 2 tahun.

  2. Badan usaha berupa PT / CV yang dimiliki oleh Warga Negara Indonesia (WNI).

  3. Mempunyai dokumen lengkap perusahaan (Laporan keuangan, rekening koran, NPWP, PO / Invoice yang valid dari vendor perusahaan).

  4. Invoice / PO Memiliki hubungan dengan perusahaan terkemuka (i.e. Supplier / vendor atau Invoice / PO dari perusahaan terkemuka).

Working Capital

  1. Minimal usaha sudah berjalan 1 tahun

  2. Badan usaha berupa PT / CV legal yang dimiliki oleh Warga Negara Indonesia (WNI).

  3. Mempunyai dokumen lengkap perusahaan (Laporan keuangan 1 tahun terakhir, rekening koran, NPWP, KTP pemilik usaha).

  4. Domisili Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek).

  5. Melampirkan tujuan pinjaman.

  6. Informasi data pemilik perusahaan.

  7. Omset perusahaan minimal  2 Milyar Rupiah.

Dana Komunitas

Sudah banyak komunitas yang terbantukan dengan pinjaman dana komunitas dari KreditPro, mulai dari komunitas atau group UKM penjual bahan pokok, alat tulis, frozenfood.Syarat pengajuan pinjaman dana komunitas adalah :

  1. Group beranggotakan minimal 7 orang

  2. Memiliki usaha yang sedang berjalan minimal 2 tahun.

  3. Pinjaman modal 1 – 10 juta per orang.

  4. Berdomisili setempat.

 

Kalau kamu memiliki dana lebih yang tidak di investasikan atau tidak masuk deposito, lebih baik mengajukan menjadi pemberi dana pinjaman di KreditPro, karena FinTech ini menawarkan pengembalian return yang menarik dan yang pasti menguntungkan kedua belah pihak.Ini syaratnya jika ingin menjadi Lender atau pemberi dana pinjaman :

  1. Mengisi form data diri (Dokumen yang harus di lampirkan NPWP, KTP dan Slip Gaji).

  2. Masukan deposit.

  3. Pilih pinjaman yang tersedia.

  4. Mendapatkan pengembalian dengan return menarik

Jumlah pinjaman yang ditawarkan cukup menarik dan besar untuk ukuran sebuah pinjaman online, karena KreditPro memang ditujukan untuk para pengusaha yang membutuhkan tambahan modal usaha, jadi sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan jika ingin melakukan pinjaman online.Jumlah Pinjaman Yang di Tawarkan KreditPro :

  1. Jumlah pinjaman yang ditawarkan KreditPro untuk untuk Invoice / PO financing mulai dari Rp.20.000.000 – Rp.2.850.000.000 dengan tenor maksimal 6 Bulan. Invoice bisa mencapai 90% dari nilai invoice yang diajukan, PO bisa mencapai 70% dari nilai PO yang diajukan.

  2. Jumlah pinjaman working capital yang ditawarkan KreditPro mulai dari Rp.10.000.000 – Rp.2.000.000.000 dengan tenor maksimal 12 Bulan.


Suku Bunga KreditPro

KreditPro memberikan suku bunga yang kompetitif sesuai dengan model pemberian skor kredit, serta biaya platform yang rendah bila pengajuan pinjaman berhasil disetujui.KreditPro memberikan tingkat bunga annually.Biaya terhitung berdasarkan bunga dan tenor, setiap peminjam mungkin berbeda karena penentuan biaya yang timbul tergantung dari nilai skor kredit.Jadi sebelum melakukan pinjaman sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan KreditPro.

 

Simulasi Pinjaman KreditPro

 




 

Cara Pengajuan Pinjaman dan Memberikan Dana Pinjaman KreditPro

Semua pinjaman online resmi sangat menghargai data customer yang sudah masuk ke dalam sistem mereka, jadi jangan takut akan kebocoran data, karena semua Fintech legal memakai sistem teknologi big data keamanan terbaik.Jika sudah melihat syarat dan ketentuan untuk melakukan pinjaman online KreditPro dan semua syarat sudah lengkap, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran pengajuan pinjaman online di website resmi KreditPro, dengan cara :

  1. Buka website resmi KreditPro https://kreditpro.id/  bisa melalui Handphone atau komputer.

  2. Lakukan Sign Up, klik Borrower jika ingin melakukan pinjaman dan klik Lender jika ingin menanamkan modal atau memberikan pinjaman.

  3. Isi data diri, siapkan soft copy dokumen foto pribadi, NPWP, KTP dan slip gaji (dokumen yang di perlukan sama baik borrower atau lender.

  4. Setelah melakukan pendaftaran, akan ada konfirmasi melalui email.

  5. Lakukan log in dan pilih produk pinjaman atau produk pemberi pinjaman sesuai pengisian data awal yang anda pilih borrower atau lender.

  6. Jika di setujui anda akan di hubungi pihak KreditPro dan mendapatkan skor kredit.


 

Yang selalu saya sampaikan di setiap tulisan saya mengenai FinTech adalah “jangan lupa jika dana pinjaman online sudah cair, kewajiban peminjam adalah membayar tepat waktu sebelum jatuh tempo, karena kalau pembayaran di lakukan setelah jatuh tempo, maka akan terkena biaya denda yang akan menambah pembayaran pinjaman anda, apalagi sampai kabur dan tidak ada itikad baik untuk melakukan pembayaran, karena akibatnya nama anda dan usaha anda terkena blacklist dan otomatis tidak bisa melakukan pinjaman online manapun, karena semua Fintech legal selalu melakukan seleksi ketat untuk pengajuan pinjaman dengan machine learning alogaritma mutakhir untuk menguji kelayakan kredit anda.Semua pembayaran cicilan pinjaman di permudah oleh semua Fintech, termasuk KreditPro yang mempermudahkan peminjam dana melakukan pembayaran cicilan.


 

Metode Pembayaran KreditPro

  1. Peminjam dapat melakukan pembayaran cicilan melalui transfer manual ATM, M-banking ataupun Internet banking ke KreditPro Virtual account

  2. Auto debit, peminjam hanya tinggal mengisi form yang diberikan, dan KreditPro akan melakukan penarikan setiap bulannya sesuai dengan yang disetujui.

 

Disini saya menuliskan kelebihan dan kekurangan yang saya dapatkan di pinjaman online KreditPro, tapi tidak perlu sepenuhnya di jadikan acuan untuk keputusan anda dalam memilih pinjaman online untuk usaha anda, karena setiap individu atau kelompok bisa berbeda pandangan.

Kelebihan KreditPro

  1. KreditPro perusahaan Fintech Legal sudah terdaftar dan di awasi OJK, jadi aman melakukan transaksi keuangan di pinjaman online ini.

  2. Dapat membantu memajukan Usaha Kecil Menengah

  3. Dapat membantu cashflow perusahaan dengan memberikan dana talangan untuk sebuah project perusahaan.

  4. Seluruh proses pengajuan hingga pencairan dana pinjaman dilakukan secara online.

  5. Pengisian data di aplikasi mudah.

  6. Proses jawaban pinjaman di setujui atau tidak cepat.

  7. Proses pencairan dana pinjaman cepat.

  8. Transparansi dalam memberikan informasi biaya pinjaman, suku bunga, jadwal pelunasan.

Kekurangan KreditPro

  1. Perorangan tidak bisa melakukan pinjaman

  2. Perusahaan di bawah 2 tahun tidak dapat melakukan pinjaman.

  3. Tenor terlalu singkat hanya 6 Bulan untuk pinjaman PO Financing yang nilai pinjamannya mencapai Rp.2.850.000.000.

  4. Pinjaman Working Capital hanya untuk domisili Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (JABODETABEK).

 

Kesimpulan

KreditPro adalah perusahaan FinTech legal, karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.KreditPro memberikan pinjaman online dengan syarat mudah, proses cepat dan tanpa jaminan mempunyai tujuan membantu pengusaha yang belum bisa mengajukan pinjaman melalui perbankan bisa mengajukan pinjaman di KreditPro agar bisnis yang dijalankan bisa berkembang dan maju, bukan tidak mungkin perusahaan bisa naik tingkat melakukan pinjaman yang lebih besar melalui perbankan.Jangan takut untuk melakukan pinjaman online, karena jika semua dilakukan sesuai prosedur, melakukan pinjaman di perusahaan pinjaman legal, melakukan pembayaran tepat waktu, maka semua aman dan masalah keuangan perusahaan anda pun terselesaikan. 

 

(Penulis : Nur)

Website: https://kreditpro.id/

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintekmedia - All Rights Reserved.