Keuntungan Menggunakan Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM

Keuntungan Menggunakan Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM
Internet Marketing bagi UKM

Penggunaan Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM perlu dipertimbangkan. Sekarang ini Internet Marketing sangat berguna  untuk para pelaku UKM dalam memasarkan produknya. Bagi mereka promosi melalui media internet adalah pilihan yang murah. Selain itu, strategi pemasaran melalui media internet dianggap lebih mudah dan simple.

Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM

Kita dapat memberikan penawaran yang tentunya lebih luas, sebab sekarang internet sudah bisa dijangkau oleh setiap orang disetiap daerah diseluruh Indonesia. Dengan menggunakan internet marketing sebagai media pemasaran, maka pelaku UKM bisa menghemat biaya promosi. Jadi mereka tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk penawaran produk UKM mereka.

Baca lainnya: Inilah Tips Memilih Jasa Pembuatan Website

Selain itu,  promosi yang mahal belum tentu menghasilkan. Jika promosi yang digunakan tidak bisa bekerja maksimal, tentunya hal itu akan memberikan beban saja sebab tidak memberikan keuntungan. Ini bisa menjadi sebuah permasalahan untuk para pelaku UKM.

Kenapa Menggunakan Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM?

Apa alasan yang mengharuskan anda memanfaatkan internet marketing sebagai media untuk memasarkan produk UKM? Berikut ini adalah lima alasan yang mengapa para pelaku UKM harus menggunakan Internet Marketing.

1. Akses yang mudah

Internet adalah media yang dapat dibuka setiap saat  dan juga setiap sehari. Anda bisa menggunakan media ini untuk menawarakan info produk UKM anda dan dapat diakses oleh setiap pengunjung internet tanpa ada gangguan.

2. Internet marketing dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Perkembangan Teknologi di Indonesia yang pesat memudahkan setiap orang untuk memperoleh akses internet baik melaui laptop/komputer, ataupun smartphone. Peluang yang anda peroleh tentunya lebih besar sebab kemudahan akses yang anda dapatkan untuk menawarkan produk UKM anda.

3. Biaya Lebih murah.

Bila dibandingkan dengan toko yang menggunakan media promosi seperti brosur, spanduk, banner, ataupun neon box, media internet lebih murah. Jika dihitung-hitung untuk biaya promosi seperti di atas anda bisa menghabiskan uang hingga puluhan juta. Bandingkan bila anda memakai internet marketing sebagai media pemasaran untuk produk UKM anda, anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk itu.

4. Bisa meningkatkan branding produk

Untuk produk UKM yang masih baru, anda dapat memanfaatkan media internet untuk branding produk anda. Contohnya, Anda bisa membuat website sebagai tempat untuk mempromosikan produk yang anda jual. Disamping itu anda dapat memakai akun facebook untuk media berjualan.

5. Mendapatkan penjualan lebih baik

Sebuah usaha bisa membutuhkan modal hingga 10 juta hingga lebih dalam segi pemasaran. Jumlah tersebut dapat dianggap besar untuk pemula usaha UKM. Perbedaan biaya promosi offline dan online juga cukup jauh. Promosi dengan menggunakan media internet marketing lebih baik untuk pemula. Anda hanya perlu membuat website yang nantinya akan menjadi toko online anda.

Setelah itu anda dapat menggunakan berbagai cara-cara promosi seperti seo, twitter, fb marketing atau pun adwords. Semua metode tersebut telah terbukti dapat meningkatkan penjualan. Ditambah lagi karena jangkauanya yang lebih luas dapat menjangkau pasar yang lebih banyak.

Itulah keuntungan yang bisa kita dapat dengan menggunakan media internet marketing untuk memasarkan produk UKM. Sekarang tugas anda yaitu memilih strategi yang cocok untuk memasarkan produk anda.

Pemasaran melalui media Internet dibuat untuk bisa menjaring calon konsumen. Dengan menggunakan media internet, kita dapat meningkatkan traffic “pengunjung” yang datang setiap harinya.

Untuk memasarkan produk UKM, anda bisa menggunakan beberapa media seperti:

  1. Search engine optimation atau SEO
  2. Adwords
  3. Facebook Marketing
  4. Twitter

Sebenarnya masih banyak media lainya yang dapat anda gunakan untuk mempromosikan produk UKM anda, namun ke-4 media diatas sudah sangat baik untuk menjaring calon konsumen bila dioptimalkan. Silahkan manfaatkan beberapa media di atas dan temukan keuntungan dan kekuranganya  untuk produk anda

Tidak jarang para pelaku usaha UKM yang sebetulnya memiliki produk yang sangat potensial, tapi tidak mengetahui cara memasarkan produknya dengan efektif, hemat dan efisien tapi dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Melalui beberapa  media diatas, tentunya akan sangat membantu mereka.

Salah satu media pemasaran yang harus anda coba adalah Google Adwords.  Media promosi ini sangat tepat digunakan pada produk produk UKM karena beberapa alasan seperti:

1. Biayanya lebih terjangkau

Bila diperhatikan, sebetulnya cukup banyak sekali pelaku usaha UKM yang ingin menjangkau pasar lebih luas. Tapi karena kurangnya sarana untuk memilih media pemasaran yang tepat, maka mereka mau tidak mau masih harus melakukan beberapa cara pemasaran yang konvensional, seperti promosi dari mulut ke mulut, menyebar brosur  dan media lainnya yang tentunya memerlukan biaya yang cukup mahal.

Padahal, bila ditelaah lebih dalam, memasarkan produk UKM dengan media internet seperti Google Adwords dapat menghemat biaya iklan bila dibandingkan dengan cara pemasaran yang lainnya. Mengapa seperti itu?

Sebab dengan menggunakan Google Adwords, pelaku usaha UKM dapat mengatur anggaran harian sesuai dengan keinginan mereka. Contohnya saja untuk promosi produk UKM dengan Google Adwords, kita dapat menganggarkan biaya misalnya 10.000 perharinya, atau disesuaikan dengan kebutuhan kita.

2. Melalui Adwords, jangkauan pasar akan lebih luas

Kita semua tentunya tahu jika media internet merupakan sarana yang dapat menjangkau pasar hampir di seluruh dunia. Tapi tentunya hal ini dapat Anda sesuaikan dengan target pemasaran anda.  Bila kebetulan jangkauan pemasaran produk UKM anda untuk pasar lokal saja, maka anda hanya perlu mengatur lokasi target pasar anda, sehingga produk anda akan lebih tepat untuk calon konsumen.

Bila dibandingkan dengan media promosi seperti brosur yang hanya bisa disebarkan di area area yang terbatas, media internet seperti Google Adwords bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

3. Google Adwords lebih tepat sasaran

Produk UKM yang dipromosikan melalui Google Adwords umumnya lebih tepat sasaran, jadi  kemungkinan terjadinya penjualan cukup besar. Hal ini tentunya berbeda bila kita menggunakan cara promosi yang konvensional, dimana target pasar tidak dapat dipastikan.

Contohnya  bila anda menyebar brosur, siapapun bisa menerima brosur tersebut, baik orang yang membutuhkan produk tersebut ataupun tidak. Tapi hal ini berbeda bila anda menggunakan Google Adwords.

Seperti yang anda ketahui, bila seseorang mengetik keyword (kata kunci) pada Google, maka sudah dapat dipastikan bila orang tersebut memang memerlukan hal yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Bila kebetulan pengunjung internet tersebut melihat iklan Anda, lalu tertuju pada website anda, maka tingkat konversinya bisa lebih tinggi.

Sebetulnya masih banyak keuntungan yang dapat anda peroleh bila menggunakan Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM anda seperti Google Adwords, khususnya bila anda ingin melebarkan sayap untuk melakukan pemasaran produk UKM dengan target pasar yang lebih luas.

Baca lainnya: Manfaat Pentingnya Website untuk Bisnis Anda

Yang jelas, dengan memanfaatkan internet marketing, maka biayanya lebih murah, produk UKM anda bisa lebih tepat sasaran, area pemasaranya lebih luas, dan tingkat penjualanya lebih tinggi.

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintektok - All Rights Reserved.