Komunal Tawarkan Pinjaman Modal Usaha Khusus Jawa Timur dan Bali

Komunal Tawarkan Pinjaman Modal Usaha Khusus Jawa Timur dan Bali

Berita online yang menarik pandangan mata adalah Kantor cabang bank-bank besar mulai sepi dari kunjungan nasabah, karena jaman sudah mengalami peralihan dari manual ke digital. Mau transfer, bikin rekening bank, atau tarik tunai tidak perlu datang ke bank, cukup klik mobilebanking atau internet banking. Dengan cepatnya teknologi meninggalkan semua yang tidak bergerak cepat, kemungkinan jika bank di Indonesia lambat dalam mengikuti perubahan jaman, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi PHK masal di lingkungan perbankan. Tidak hanya permasalahn kantor cabang, sekarang pinjaman online sudah mendominasi untuk pembiayaan di bawah 2 milyar Rupiah khusus untuk nasabah yang tidak terjangkau oleh bank, tapi tidak menutup kemungkinan nasabah yang lolos syarat pembiayaan di bank, lebih memilih pinjaman online karena proses cepat, syarat mudah, dan uang bisa cepat cair, seperti Fintech yang akan Kami review hari ini, kuy ah!.

 

Apa Sih Komunal?

Komunal adalah perusahaan finansial teknologi legal sudah terdaftar dan di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang sedang trend disebut "FinTech". Komunal dikenal sebagai marketplace khusus lender dan borrower bertemu secara online untuk melakukan pendanaan dan pinjam dana. Platfrom yang beralamat di Jl. Greges No. 3A, Sawahan, Kecamatan Sawahan, Surabaya Jawa Timur ini menawarkan produk pembiayaan beragunan dan tanpa agunan secara crowdfunding (penggalangan dana) khusus untuk UKM dan karyawan. Agar terhindar dari jeratan pinjaman online ilegal, sebaiknya cek Fintech legal di website OJK atau Fintek Media.

 

Syarat Pengajuan Pinjaman dan Dokumen Yang di Perlukan

 Cukup mudah syaratnya, jaman yang sudah serba teknologi pasti semua orang sudah memiliki smartphone dan bagi anda yang bukan pegawai swasta atau pegawai negeri tapi mempunyai usaha jika ingin melakukan pinjaman, bisa coba untuk mengajukan pinjaman online melalui Komunal. Platform ini termasuk Fintech yang mempunyai misi membantu masyarakat mendapatkan modal usaha untuk memenuhi kebutuhan finansial dan memperbaiki kualitas hidup serta meningkatkan perputaran perekonomian negara Republik Indonesia. Syarat mengajukan pinjaman dana melalui Komunal adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Jawa Timur dan Bali, karyawan yang perusahaannya sudah bekerja sama dengan Komunal, pengusaha UKM yang sudah menjalankan usaha minimal 1 tahun. Wilayah lain selain Jawa Timur dan Bali belum bisa mengajukan pinjaman dana. Dokumen yang di perlukan adalah KTP, KK, NPWP, Akta perusahaan (Badan Usaha), Mutasi rekening bank 3 bulan terakhir, tagihan listrik 3 bulan terakhir, slip gaji 3 bulan terakhir, laporan keuangan 1-2 tahun terakhir(badan usaha) dan dokumentasi jamian. Cukup banyak ya dokumen yang di perlukan, tapi masih di tahap yang wajar.

 

Cara Mengajukan Pinjaman

Banyak yang takut data pribadi akan di salah gunakan, untuk Fintech legal yang sudah terdaftar dan di awasi oleh OJK sudah ada regulasi tersendiri menyangkut data pribadi, data pribadi lender maupun borrower tidak akan di salahgunakan, jika ingin menggunakan data pribadi harus dengan izin dari lender atau borrower. Jadi jangan memberikan data pribadi ke Fintech tidak legal karena mereka tidak mengikuti aturan yang di berikan OJK. Cara pengajuan pinjaman cukup mudah, download aplikasi Komunal melalui Google Playstore, tapi saat klik daftar, ternyata pendaftaran di arahkan langsung ke website Komunal.co.id, isi semua form pendaftaran sebagai, plih pinjaman , seluruh proses verifikasi hingga dana masuk dalam rekening memakan waktu 10 hari kerja.

 

 

Nilai Plafon, Tenor dan Bunga

Pinjaman di bawah Rp.500 juta tanpa jaminan, tapi untuk pinjaman di atas Rp.500 juta harus menyertakan jaminan berupa BPKB mobil, sertifikat property, invoice financing. Pinjaman yang di tawarkan untuk kebutuhan modal usaha UKM dan karyawan jadi nilai plafon yang di tawarkan bervariasi mulai dari 5 juta hingga 2 milyar rupiah, dengan tenor 3, 6, 12 dan 18 bulan dan nilai biaya bunga di lihat dari kredit skoring peminjam, semakin rendah kredit skoring peminjam, maka semakin tinggi biaya bunga yang di tanggung peminjam. Perhitungan bunga flat  mulai dari 9%-21% pertahun dan akan ada biaya tambahan yang akan di tanggung peminjam, jadi sebaiknya sebelum mengajukan pinjaman online tanyakan kembali ke customer service Komunal selengkapnya mulai dari tenor, plafon dan biaya-biaya yang di tanggung peminjam.  

 

Cara Pembayaran

Sudah merasa mampu membayar pinjaman yang sudah Anda pilih, jangan tunda pembayaran, karena dengan menunda pembayaran maka denda keterlambatan akan semakin besar, perhitungan denda akan bertambah setiap harinya dan ini hampir sama di semua pinjaman online, jadi jangan salahkan pinjaman online jika hutang Anda menjadi besar karena kesalahan dari pribadi peminjam, karena sebelum meminjam secara sadar peminjam menyetujui semua syarat dan ketentuan dari pinjaman online. Denda administrasi komunal maksimal sampai 1 juta Rupiah dan denda kompensasi maksimal 0,1%/ hari (melebihi masa tenggang 2 hari kerja). Cara pembayaran angsuran Komunal cukup mudah dengan menggunakan nomor Virtual Account yang dapat Anda bayarkan melalui I-Banking,  ATM, M-Banking atau teller bank, tapi sebaiknya lakukan pembayaran melalui ATM lebih mudah.

 

Kelebihan dan Kekurangan

Semua Fintech ada kelebihan dan kekurangan, karena tidak ada sistem yang sempurna jadi setiap Fintech P2P Lending pasti ada kelebihan dan kekurangan seperti Komunal. Kelebihan Komunal adalah syarat mudah, produk pinjaman yang di tawarkan untuk kebutuhan produktif dan semua perhitungan pinjaman di berikan di awal dengan transparan dan informasi baik untuk lender atau borrower lengkap. Kekurangan Komunal yaitu proses pengajuan pinjaman hingga dana masuk rekening peminjam terlalu lama untuk perusahaan Fintech, dan pinjaman yang di tawarkan belum menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

 

Kesimpulan

Komunal adalah salah satu FinTech legal P2P Lending legal yang sudah terdaftar dan di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan OJK. Platform ini mempunyai tujuan memberikan layanan finansial kepada setiap konsumen dengan memanfaatkan teknologi. Produk yang di tawarkan Komunal untuk kebutuhan produktif dengan proses aman, mudah, tapi sayangnya akses pinjaman belum mencapai seluruh wilayah Indonesia, semoga kedepan akses pinjaman bisa di rasakan ke seluruh wilayah Indonesia.

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintekmedia - All Rights Reserved.