Memanfaatkan Big Data Buat Properti, Lippo Karawaci Bekerja Sama Dengan SoftBank

Memanfaatkan Big Data Buat Properti, Lippo Karawaci Bekerja Sama Dengan SoftBank

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) formal bekerja sama dengan raksasa telekomunikasi asal Jepang, SoftBank Corp.

Kerja sama ini mencakup bidang pemanfaatan digital big data seperti kecerdasan buatan ( artificial intelligence/AI), dan Internet of Things (IoT).

CEO Lippo Karawaci John Riady mengatakan, kerja sama tersebut sangat penting bagi strategi bisnis LPKR. Apalagi, SoftBank adalah pionir dan banyak mendukung perusahaan besar asal RI.

Hal itu pula yang membuat John yakin menggandeng SoftBank untuk berkolaborasi.

"Saya senang sekali pada hari ini kami dapat mempererat kerja sama dengan Softbank khususnya di area teknologi. Walaupun kita adalah perusahaan real estate, kita harus memiliki mindset yang berpikir seperti perusahaan konsumen," kata John Riady di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Namun, baik John maupun Vice President and Head of Global Business Strategy SoftBank Hidebumi Kitahara enggan menyebut besaran investasi.

"Itu rahasia. Kami tidak bisa memberitahu berapa angka pastinya. Tapi yang pasti kami punya cukup uang untuk itu," ucap Kitahara dalam kesempatan yang sama.

Nantinya, AI dan IoT digunakan sebagai alat untuk meningkatkan pengalaman konsumen (consumer experience). Misalnya saja di bidang keamanan, LPKR telah menambahkan kemampuan pendeteksi wajah (face recognition) pada setiap CCTV di kawasan yang dibangun LPKR.

Sehingga, bila terjadi kemalingan maupun kecelakaan, LPKR bisa dengan mudah mengetahui siapa orang yang terekam dan mempercepat penyelesaian masalah.

Dengan big data tadi, LPKR juga dengan mudah mempelajari arus mobil dan mengantisipasi kemacetan sebelum kemacetan itu terjadi. Hal ini tentu berguna bagi pengembangan real estate LPKR ke depan.

"Kemudian di bidang air, kita mengelola seluruh sistem air dari water reservoir sampai dialirkan ke dalam rumah kemudian didaur ulang. Dalam hal ini seringkali terjadi kebocoran kita enggak tahu. Dengan memasang sensor IoT misalnya, kita bisa antisipasi. Kami rasa ini bisa membawa dampak yang real terhadap customer experience," jelas John.

Untuk tahap pertama, LPKR tengah mengimplementasikan penggunaan teknologi ini di Lippo Karawaci. Ke depan, implementasi akan berlanjut ke Lippo Cikarang dan Meikarta.

"Mungkin juga di kompleks Lippo Mall Kemang, atau di Lippo Mall Puri. Tapi Lippo Karawaci kami pilih untuk implementasi tahap pertama. Semua akan diterapkan di semester I 2020. Jadi di kuartal I dan kuartal II tahun depan," pungkasnya.

Sumber: Kompas

 

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintekmedia - All Rights Reserved.