P2P Lending : Rentenir Online?

P2P Lending : Rentenir Online?

Akhir – akhir ini memang seringkali bermunculan beberapa keresahan dari masyarakat karena adanya P2P lending atau lebih dikenal dengan nama pinjaman online yang dianggap tidak bertanggung jawab.

Keresahan ini dikarenakan proses penagihannya yang dianggap sangat merugikan konsumen, adanya penukaran data konsumen yang dilakukan tanpa izin dan masalah lain yang bermunculan.

Dan menanggapi masalah ini sebenarnya pihak OJK tidak semua dari perusahaan P2P Lending melakukan praktek yang tidak bertanggung jawab atau seringkali mendapatkan sebutan rentenir online.

Sehingga tidak baik jika memukul rata semua fintech melakukan hal ini. Memang ada beberapa kasus namun tidak semuanya. OJK bahkan saat ini sudah melakukan sebuah market discipline yang diperuntukkan pada fintek.

Bahkan sudah mempublikasikan beberapa fintek yang tidak patuh dengan aturan yang ada. Sehingga sebagai masyarakat anda mengetahui dan memilah dengan lebih teliti fintek yang bisa anda percaya.

Selain itu, jika melihat dari sisi rasio kredit yang mengalami macet sebenarnya beberapa fintek masih dibawah 1% dimana angka ini masih dari bank. Sehingga secara umum sebenarnya fintek masih sangat sehat.

Namun yang menjadi penyebab beberapa kasus fintek yang tersebar di publik sebenarnya adalah karena mereka memang menyalurkan pinjaman dengan memberikan tenor dalam waktu yang pendek, bunga yang tinggi dan tidak ada agunan, inilah yang menjadi pokok permasalahannya.

Nah, untuk itu dalam beberapa penyuluhan juga sudah dijelaskan jika sebagai masyarakat yang ingin meminjam modal usaha harus cerdas dalam memilih P2P lending yang memang sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Pilih yang memberikan transparansi dana yang transparan sehingga anda bisa memprediksi pendanaan anda saat akan melakukan pembayaran dan menurunkan resiko buruk yang bisa saja terjadi.

Dengan mekanisme yang baik dan lebih tersistem ini maka ada harapan pada lingkungan bisnis pinjaman online yang ada di Indonesia bisa saling menguntungkan satu dengan yang lainnya.

Sehingga upaya ini juga bisa memberikan sebuah harapan mampu mendorong terciptanya sistem keuangan yang baik di Indonesia. Bahkan sebagai peminjam modal anda juga tidak merasa terbebani karena merasa mendapatkan manfaat karenanya.

Wajib nonton

https://youtu.be/fNfqOZahpys

 

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintektok - All Rights Reserved.