Panduan Pemula Lengkap Untuk FinTech Semua Orang Bisa Mengerti

Panduan Pemula Lengkap Untuk FinTech Semua Orang Bisa Mengerti
Fintech dimata forbes

Anda mungkin pernah mendengar istilah "FinTech" yang relatif baru diucapkan, tetapi sebenarnya apa itu? Dan mengapa penting bagi semua pengusaha untuk mengetahui dan memahami?

FinTech adalah singkatan dari Financial Technologies, dan dalam definisi terluasnya, itulah tepatnya apa itu: teknologi yang digunakan dan diterapkan di sektor jasa keuangan, terutama digunakan oleh lembaga keuangan sendiri di bagian belakang bisnis mereka. Tapi semakin banyak, FinTech akan datang untuk mewakili teknologi yang mengganggu layanan keuangan tradisional, termasuk pembayaran mobile, transfer uang, pinjaman, penggalangan dana, dan manajemen aset.

Jangan menganggap bahwa FinTech hanyalah sebuah trend atau kata kunci: Accenture baru-baru ini merilis sebuah laporan yang menemukan bahwa investasi di fintech di seluruh dunia telah meningkat secara dramatis dari $ 930 juta pada tahun 2008 menjadi lebih dari $ 12 miliar pada awal 2015.

Dan ini kemungkinan hanya akan terus meningkat, karena FinTech tidak hanya menyentuh sektor jasa keuangan, tetapi juga setiap bisnis yang berhubungan dengan industri jasa keuangan (yang artinya, semuanya). Startup FinTech kecil dan lincah, mampu mengganggu raksasa lamban yang merupakan lembaga keuangan tradisional dan berinovasi dengan cepat - dan bisnis Anda dapat menggunakannya untuk keuntungan Anda.

Bagaimana FinTech mengubah bisnis Anda

Dulu jika Anda ingin memulai bisnis, Anda akan pergi ke bank lokal Anda untuk meminta pinjaman atau mencari investor tradisional. Jika sebuah perusahaan ingin menerima kartu kredit, itu akan membutuhkan rekening dengan penyedia kredit besar - belum lagi garis tanah dan peralatan besar. Tetapi ini bukan lagi kasusnya.

FinTech seperti crowdfunding, pembayaran mobile, dan layanan transfer uang merevolusi cara bisnis kecil memulai, menerima pembayaran, dan go global, dan mereka membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk memulai dan menjalankan bisnis.

Tidak dapat menemukan investor untuk ide besar Anda? Tidak memiliki jaminan atau kredit untuk mendapatkan persetujuan untuk pinjaman tradisional? Tidak apa-apa: Crowdfunding sekarang berarti Anda dapat mengumpulkan uang dengan cepat dan murah dari orang-orang di seluruh dunia yang belum pernah Anda temui. Ini telah mendemokratisasikan proses mencari modal awal dan memperpendek garis waktu dari mungkin beberapa bulan pertemuan menjadi hanya beberapa minggu.

Sekarang juga lebih mudah dari sebelumnya bagi usaha kecil untuk menerima pembayaran. Bahkan peternakan berdiri di antah berantah dapat menerima kartu kredit dan debit dengan alat seperti Square dan PayPal. Dan sementara ada biaya, wirausahawan tidak harus melakukan volume bisnis tertentu untuk memenuhi syarat untuk sebuah akun. Siapa saja, di mana saja dapat dengan aman dan mudah menerima pembayaran kartu kredit, membuatnya lebih mudah untuk melakukan bisnis.

Tapi bagaimana dengan global? Transfer uang internasional - yang telah lama menjadi isu pelik bagi wirausahawan - semakin mudah juga. Untuk transaksi yang lebih kecil, layanan seperti PayPal secara otomatis mengkonversi mata uang, sehingga mudah bagi pelanggan di Amerika untuk membeli barang dari pembuat di Inggris atau di mana pun di dunia. Selain itu, layanan yang disebut TransferWise sedang menyederhanakan transfer uang internasional, mengganggu sektor tersebut dengan menawarkan diskon 90 persen untuk biaya transfer bank tradisional.

Bagaimana FinTech mengubah pelanggan Anda

FinTech juga mengubah perilaku pelanggan dan harapan pada tingkat yang luar biasa.

Konsumen sekarang begitu terbiasa untuk dapat mengakses data dan informasi di mana saja dan di mana saja, bahwa tampaknya wajar bagi mereka untuk ingin dapat menyesuaikan portofolio investasi mereka atau menyetorkan cek sambil menunggu bus.

Dan pelanggan - bagaimanapun adil atau tidak adil - mengharapkan tingkat layanan dan akses yang sama dari perusahaan kecil sebagai perusahaan besar. Mereka mengharapkan pengalaman seluler tanpa hambatan apakah mereka melakukan perbankan dengan bank global atau serikat kredit lokal mereka. Dan mereka berharap dapat membayar dengan kartu kredit apakah mereka berada di department store atau toko pojok. Segera, orang akan berharap dapat membayar dengan ponsel mereka di mana pun mereka pergi juga.

Ini adalah demokratisasi layanan yang besar, tetapi juga peringatan bagi bisnis bahwa tidak ada alasan hari ini untuk tidak merangkul teknologi terbaru - dan mereka yang menolak pasti akan kehilangan bisnis.

Akhirnya, FinTech hanya dalam tahap yang baru lahir. Industri berubah dengan cepat, dan pemilik bisnis yang cerdas akan ingin tetap mendapat informasi sebagai bagian penting dari rencana bisnis mereka. Bisnis akan dapat menawarkan lebih banyak layanan dengan biaya lebih rendah daripada sebelumnya, tetapi hanya jika mereka tetap di ujung tombak apa yang tersedia dan mungkin.

Mereka yang melakukannya akan tetap berada di garis depan pasar mereka. Mereka yang tidak akan kehilangan peluang, pelanggan, dan pangsa pasar.

 

sumber : forbes.com

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2020 Fintekmedia - All Rights Reserved.