Peraturan Yang Dikeluarkan Perusahaan Fintek Dirasa Merugikan Para Nasabahnya

Peraturan Yang Dikeluarkan Perusahaan Fintek Dirasa Merugikan Para Nasabahnya

Kehadiran perusahaan pinjaman online atau fintek peer to peer lending seakan-akan menjadi jalan keluar bagi masyarakat yang belum punya jalan ke lembaga keuangan. Akan tetapi maraknya kehadiran perusahaan fintek justru lebih banyak menimbulkan masalah.

Banyak dari pinjol yang dianggap menerapkan kegiatan bisnis yang merugikan dan menjebak nasabah. Misalnnya, jumlah pinjaman yang sangat kecil dengan persyaratan yang sangat mudah, namun dibalut dengan bunga yang sangat tinggi.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menilai belum ada aturan atau kebijakan dari otoritas yang adil untuk nasabah. Dia bahkan menilai ada kesan pembiaran terhadap pinjol nakal.

"Waspada pinjaman online. Ini harus dilakukan melihat lemahnya pengawasan regulator. Terkesan ada pembiaran. Ada pengaburan antara pinjol legal dan ilegal," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Tahun lalu, OJK sendiri sudah mengeluarkan Peraturan OJK Nomor 13/POJK.02/2018 tentang Inovasi Keuangan Digital di Sektor Jasa Keuangan. Aturan itu sebagai ketentuan yang memayungi pengawasan dan pengaturan industri finansial teknologi (fintek).

Namun menurut Tulus, aturan yang ada saat ini masih belum jelas untuk mengatur industri fintek di RI. Bahkan dia menilai aturan yang ada belum adil untuk nasabah dan dianggap hanya sebagai target bisnis.

"Regulasi kebijakan belum adil. Antara regulator belum sinergi kuat untuk penegakan hukum. Rendahnya itikad baik pelaku usaha pinjol. Menjadikan konsumen sebagai sapi perah," ujarnya.

Menurutnya citra industri fintek di tanah air terkesan jelek lantaran belum adanya aturan yang tegas. Maraknya pinjol abal-abal justru merusak citra pinjol yang kredibel.

Sumber: Detik

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintekmedia - All Rights Reserved.