Rp 16 Trilliun : Tokopedia disuntik dana oleh Softbank dan Alibaba

Rp 16 Trilliun : Tokopedia disuntik dana oleh Softbank dan Alibaba

Tokopedia secara resmi mengumumkan pendanaan baru sebesar US$ 1,1 miliar atau setara dengan Rp 15,95 triliun (asumsi kurs US$ 1 = Rp 14.500).

Mengutip publikasi yang disampaikan Tokopedia, Selasa (12/11/2018), pendanaan ini dipimpin oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group dengan partisipasi Softbank Ventures Korea, serta investor-investor Tokopedia sebelumnya.

"Tokopedia akan terus fokus pada pasar Indonesia dan mendorong pembangunan ekonomi dan inklusi keuangan di Indonesia. Tokopedia berencana menggunakan dana tersebut untuk mendorong pembangunan teknologi dan infrastruktur yang akan memberdayakan jutaan bisnis lokal untuk tumbuh dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan," tulis Tokopedia dalam publikasi tersebut.

 

CEO dan salah satu pendiri Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan dalam sembilan tahun pertama marketplacenya fokus untuk membangun dan berupaya menjadi yang terbesar di Indonesia. 

"Yang menyediakan barang fisik serta digital. Memasuki tahun kesepuluh, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem kami menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) di mana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan kami akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline," kata William.

"Ini akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan bisnis dan mitra dalam ekosistem Tokopedia dan mengakselerasi terwujudnya misi besar kami untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia."

Senior Investor SoftBank Investment Advisers, dan Anggota Dewan Tokopedia mengungkapkan Tokopedia telah menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk kepada masyarakat Indonesia. Dengan tingkat adopsi internet di Indonesia yang terus bertumbuh pesat, Tokopedia ada di posisi yang tepat untuk melayani jutaan masyarakat lainnya. 

Head of Investment, Southeast Asia and India di Alibaba Group, Kenny Ho, mengatakan sangat antusias untuk mempererat hubungan Alibaba dengan Tokopedia. "Demi memberdayakan UMKM dan mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia."

 

sumber : cnbc indonesia

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintekmedia - All Rights Reserved.