Setiap Bulannya, Akseleran Menyalurkan Pinjaman Sampai Dengan Rp 70 Miliar

Setiap Bulannya, Akseleran Menyalurkan Pinjaman Sampai Dengan Rp 70 Miliar

Pemain peer to peer (P2P) lending PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia memacu penyaluran pinjaman. Chief Executive Officer Dan Co-Founder Akseleran Ivan Nikolas Tambunan melaporkan Akseleran menyalurkan pinjaman hingga Rp 70 miliyar per bulan.

Total akumulasi penyaluran pinjaman Akseleran dari Juni 2018 sampai saat ini senilai Rp 720,52 miliar. Adapun total penyaluran pinjaman sejak awal tahun hingga saat ini mencapai Rp 509,81 miliar.

“Target kita sampai akhir tahun akumulasi pinjaman bisa mencapai Rp 1,1 triliun. Saat ini tren peminjam (borrower) kita masih terkonsentrasi sekitar 90% di Jabodetabek. Upaya untuk menyasar luar Jabodetabek dengan sosialisasi baik offline maupun digital marketing,” ujar Ivan beberapa waktu lalu.

Ivan mengakui untuk pinjaman yang berasal dari daerah Jabodetabek, Akseleran memberikan batasan bawah nominal senilai Rp 150 miliar lantaran membutuhkan biaya yang lebih besar. Sedangkan untuk produk yang ditawarkan oleh Akseleran adalah invoice financing dan pre-invoice financing.

“Kedua produk ini memberikan kontribusi hingga 90% dari total pinjaman. Kita ingin sampai akhir tahun lebih ke partnership untuk supply chain financing yang baru 10% dari total pinjaman. Lantaran skema ini lebih aman proses akuisisi borrower lebih cepat dan efisien,” jelas Ivan.

Begitupun bunga yang ditawarkan bisa ditekan. Lantaran Ivan menilai dengan menggandeng satu supply chain maka Akseleran bisa mengakuisisi vendor sekaligus. Sedangkan untuk menyasar pembiayaan mikro, Ivan bilang lebih memilih usaha kecil yang berjualan di e-commerce.

Adapun jumlah peminjam yang terdaftar di Akseleran sebanyak 1.995 rekening. Dari jumlah tersebut, terdapat 1.920 peminjam aktif. Sedangkan untuk pemberi pinjaman (Lender), Ivan bilang masih didominasi oleh ritel.

Pemberi pinjaman dari institusi hanya 10%. Namun ke depannya, Akseleran ingin mendorong peran lender institusi berkontribusi 20% terhadap total lender.

Sumber: Kontan

 

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintekmedia - All Rights Reserved.