Tak Cuma Peminjam, Benefit P2P Lending Berikut Ini Juga Dirasakan Pemodal

Tak Cuma Peminjam, Benefit P2P Lending Berikut Ini Juga Dirasakan Pemodal
Benefit P2P bagi Peminjam dan Pemodal

P2P Lending merupakan jenis pembiayaan yang dianggap sebagai alternatif pilihan pendanaan yang berasal dari lembaga keuangan tradisional, terutama bagi pelaku UKM dan usaha kecil. Pembiayaan P2P Lending saat ini telah dipilih oleh masyarakat sebagai metode baru untuk memperoleh modal, yang termasuk mampu memberikan keuntungan besar bagi usaha kecil.

Lalu, sebenarnya apa saja yang menjadi keuntungan dari model pembiayaan seperti ini ?? Agar lebih jelasnya, berikut ini adalah 4 benefit yang dapat di dapatkan dari pembiayaan P2P Lending dari sisi Peminjam (Borrower) dan Pemberi Pinjaman (Lender)

Bagi si Peminjam (Borrower)

  1. Satu manfaat terbesar dari P2P Lending bagi peminjam (borrower) adalah suku bunga yang diterapkan lebih rendah dibandingkan dengan suku bunga yang ditetapkan oleh lembaga keuangan resmi, seperti, bank. Pinjaman pribadi memiliki tingkat bunga berkisar antara 12-20% dari lembaga keuangan, dan apabila dibandingkan dengan tagihan kartu kredit masih lebih rendah. Sedangkan pinjaman dari P2P Lending memiliki suku bunga yang lebih rendah.
  2. Proses pengajuan pinjamannya tidak seformal ketika mengajukan pinjaman pada lembaga keuangan konvesional seperti bank. Prosesnya juga jauh lebih cepat dan mudah. Selain itu, persyaratan yang dibutuhkan tidak terlalu rumit dan lebih memudahkan peminjam.
  3. Kedepanya, apabila Anda memiliki reputasi yang buruk soal pinjaman keuangan, Anda dapat menjelaskan alasannya kenapa hal tersebut bisa terjadi. Selain itu, Anda juga dapt mengajukan pinjaman untuk tujuan dan alasan apapun selama ada orang yang akan menginvestasikan uangnya (Lender).
  4. Kelebihan yang ke empat adalah, P2P Lending merupakan pinjaman tanpa agunan yang artinya tidak diperlukan jaminan apapun sama sekali.

Bagi Si Pemberi Pinjaman (Lender)

  1. P2P Lending sudah resmi memiliki regulasi kushus yang diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Peraturan OJK nomor 77/POJK.01/2016.
  2. Memberikan pinjaman dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat menggunkan P2P Lending, khususnya apabila Anda memiliki dana lebih namun tidak tahu akan mengalokasikannya ke mana.
  3. Suku bunga pinjaman yang diperoleh memiliki nilai yang signifikan, sehingga lebih menguntungkan bagi pemberi pinjaman.
  4. Dengan memberikan pinjaman melalui sistem P2P Lending ini maka dapat memudahkan Anda untuk mendiversifikasi investasi Anda, sehingga bisa memperbesar kesempatan untuk meraup keuntungan yang lebih besar. 

Jadi sekarang sudah tau bukan manfaat dari  P2P Lending yang tidak hanya  menguntungkan bagi peminjam tapi juga pemodal atau pemberi pinjaman. Dengan adanya penjelasan di atas maka kita dapat lebih bijak mau menjadi peminjam atau pemodal pada P2P Lending.

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintekmedia - All Rights Reserved.