WhatsApp Pay Akan Masuk Ke Indonesia? BI Memberikan Tanggapannya

WhatsApp Pay Akan Masuk Ke Indonesia? BI Memberikan Tanggapannya

Tersiar berita WhatsApp Pay hendak muncul di Indonesia. Layanan pembayaran digital kepunyaan Facebook ini disebut-sebut masih sesi pembicaraan dengan mitra serta stakeholder terpaut.

Asisten Gubernur dan Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta mengatakan, jika WhatsApp Pay nanti mengajukan izin ke BI maka ada beberapa ketentuan yang dipenuni seperti dari integritas data (data integrity).

Sebab, kerjasama dengan WhatsApp membawa implikasi pemberian kewenangan kepada aplikasi pesan ini untuk mengakses, memakai dan menyimpan data pengguna dan data transaksi.

"Isu ini selain akan bersinggungan dengan pengembangan big data juga menjadi perhatian utama bagi otoritas terkait integritas data, " kata Filianingsih kepada Kontan.co.id, Jumat (20/3).

Hingga saat ini, BI belum pernah mengeluarkan persetujuan kerjasama Penyelanggara Jasa Sistem Pembayatan (PJSP) dengan pihak WhatsApp Pay.

Menurutnya, izin dari BI diperlukan agar bisa beroperasi resmi di Indonesia. Hal ini mengacu pada ketentuan yang mengatur mengenai Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran (Penyelenggaraan PTP) dan PJSP.

"Bagi siapa saja yang akan melakukan kerjasama dengan pihak lain wajib terlebih dahulu memperoleh persetujuan dari Bank Indonesia," jelasnya.

Dari informasi yang BI peroleh, model bisnis kerjasama yang akan dibangun adalah penyedia layanan peer to peer (P2P) transfer antar pengguna uang elektronik dengan penerbit yang sama melalui aplikasi chat di platform WhatsApp.

Dalam kerjasama tersebut peran Facebook dan WhatsApp hanya sebagai penyedia aplikasi untuk user interface. Adapun mekanisme perpindahan dananya tetap dilakukan oleh penerbit uang elektronik.

"Fitur tersebut hanya dapat dilakukan apabila pengguna WhatsApp telah memiliki akun uang elektronik pada penerbit yang bersangkutan," kata Filianingsih.

Dalam konsep kerjasama tersebut, WhatsApp bukan sebagai penerbit uang elektronik. Peran Facebook atau WhatsApp berbeda dengan Alipay dan Wechatpay yang memang merupakan penerbit uang elektronik di luar negeri sehigga dapat digunakan di Indonesia sepanjang telah bekerjasama dengan Bank Buku 4.

Sumber: Kontan

 

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2020 Fintekmedia - All Rights Reserved.