17 Aplikasi Alternatif Play Store yang Tak Kalah Lengkap & Gratis

Play Store menjadi komponen penting bagi pengguna Android. Tanpanya, proses download aplikasi atau game menjadi terhambat. Untung saja ada aplikasi alternatif Play Store yang dapat digunakan.

Pastinya, aplikasi alternatif tersebut tidak kalah dibanding Play Store. Mengingat setiap fiturnya sangat bagus yang juga dilengkapi koleksi aplikasi atau game yang lumayan lengkap.

Alasan Play Store Tidak Dapat Digunakan

Alasan-Play-Store-Tidak-Dapat-Digunakan

Banyak alasan kenapa Play Store yang Anda miliki tidak dapat berfungsi di Android. Apa saja alasannya? Simak beberapa alasan berikut :

1. Pengaturan Play Store Salah

Play Store juga membutuhkan pengaturan agar dapat berfungsi dengan baik. Terutama bagaimana aplikasi dapat didownload dengan baik. Anda dapat menggunakan data atau WiFi untuk download aplikasi. Cek pengaturan Play Store Anda sudah benar atau belum.

Anda disarankan memakai pengaturan download menggunakan WIFi supaya lebih stabil.

2. Banyak aplikasi yang sudah didownload

Saat ini banyak aplikasi menarik yang membuat pengguna ingin mendownload dan menggunakannya. Namun siapa sangka jika terlalu banyak aplikasi membuat Play Store malah tidak dapat digunakan.

Perlu Anda tahu jika aplikasi di smartphone terlalu banyak akan membuat penyimpanan internal menjadi penuh. Hal tersebut membuat Play Store tidak dapat berfungsi dengan maksimal.

3. Terlalu banyak cache

Banyak pengguna yang sering mengabaikan keberadaan cache di dalam aplikasi. Sehingga sering menumpuk dan membuat Play Store tidak dapat digunakan dengan optimal. Secara rutin, Anda perlu menghapus cache dalam aplikasi yang Anda download supaya penyimpanan menjadi longgar.

Misalnya satu Minggu sekali atau saat ada waktu. Meskipun sederhana tapi efeknya ke Play Store sangat bagus.

Selain ketiga hal tersebut, masih banyak hal lain yang membuat Google Play Store tidak dapat digunakan. Misalnya masalah Proxy di dalam aplikasi. Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan menghapus proxy di bagian pengaturan APN terlebih dahulu. Selanjutnya install kembali Play Store.

Berikut Contoh Aplikasi Alternatif Play Store Yang Bisa Anda Gunakan

Ada banyak aplikasi pengganti atau alternatif Play Store yang dapat digunakan. Anda tinggal memilih sesuai keinginan saja. Berikut daftar aplikasi alternatif pengganti Play Store :

1. Amazon App Store For Android

Amazon-App-Store-For-Android

Aplikasi pertama adalah Amazon App yang dapat digunakan untuk mendownload berbagai aplikasi dan game kekinian tanpa membayar. Fitur di dalam platform ini tidak kalah bagus dari Play Store. Kelebihan utama Amazon App adalah harga aplikasi lebih murah dibanding di Play Store.

Ini alasan kenapa banyak yang menggunakan Amazon App untuk mencari aplikasi atau game yang ingin didownload. Langkah download di platform ini juga sederhana, hampir sama seperti Play Store sehingga tidak menyulitkan penggunanya.

2. Aptoide

Aptoide

Perlu Anda ketahui, di Play Store tidak semua aplikasi dapat didownload. Bisa karena kebijakan geografis atau masalah lainnya. Namun dengan mengandalkan Aptoide, Anda dapat mendownload aplikasi atau game yang tidak dapat di download di Play Store.

Platform ini sudah dikomersialkan dan menjadi saingan baru Play Store. Tampilan interface platform sangat sederhana sehingga tidak sulit untuk mendapat aplikasi yang Anda inginkan. Di platform ini, Anda juga bisa menemukan banyak aplikasi terkenal lainnya.

Misalnya, aplikasi hasil pengembang Facebook, Roblox, Supercell dan lainnya. Namun demi keamanan, aplikasi di dalam Aptoide langsung diupload oleh pengembangnya. Selanjutnya diikuti dengan verifikasi tingkat lanjutan.

Dengan begitu, pihak ketiga tidak ikut campur di dalam aplikasi. Tak hanya itu, platform ini juga menyediakan satu juta perpustakaan aplikasi yang dapat didownload sesuai keinginan.

3. APK Pure

APK-Pure

Aplikasi alternatif pengganti Play Store berikutnya adalah APKPure. Mungkin saja dari Anda sudah kenal dengan platform ini. Pasalnya sudah banyak yang menggunakannya untuk download aplikasi.

Kelebihan APKPure adalah semua aplikasi yang Anda ingin download di Play Store dapat ditemukan di dalamnya. Koleksi berbagai versi aplikasi juga disediakan di platform ini. Artinya, semua versi aplikasi dari yang lawas hingga terbaru dapat ditemukan di APK Pure.

Cocok untuk Anda yang ingin download versi aplikasi lawas. Selain itu, APKPure juga menyediakan daftar aplikasi yang tidak dapat ditemukan di Indonesia karena masalah privasi maupun data pelanggan yang perlu dijaga. Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah.

Anda dapat mengakses aplikasi via browser, lalu selanjutnya tinggal menentukan aplikasi mana yang ingin didownload.

4. APK Mirror

APK-Mirror

Aplikasi Play Store yang Anda download terlalu memakan penyimpanan internal dan eksternal? Butuh aplikasi alternatif Play Storeyang ukuran aplikasinya tidak terlalu besar?

Jika iya, APK Mirror dapat menjadi pilihan terbaik untuk digunakan. Selain tersedia di versi aplikasi, platform ini juga tersedia di versi browser atau website. Jadi, Anda cukup buka website di browser yang digunakan saja. Selanjutnya, tentukan nama aplikasi yang ingin didownload.

Mudah dan tentunya dapat disesuaikan dengan perangkat masing-masing. Anda juga dapat berpartisipasi dengan menyuruh pengguna lain untuk mendownload aplikasi favorit yang sering Anda gunakan. Bagaimana soal keamanan?

Tak perlu khawatir karena aplikasi sudah memiliki lisensi keamanan dari setiap aplikasi yang dikoleksi. Jadi, Anda dengan mudah mendownload aplikasi tanpa takut soal keamanan lagi. Artinya, aplikasi yang tersedia di dalam platform ini sangat aman dan legal.

5. F-Droid

F-Droid

Sesuai namanya, ini adalah platform atau aplikasi yang hanya dapat didownload oleh pengguna Android saja. Aplikasi menyuguhkan beragam fitur yang sangat membantu untuk mendapat aplikasi yang diinginkan.

Ukuran aplikasi bisa dibilang sangat ringan sehingga tidak membebani perangkat smartphone Anda. Di dalam aplikasi ini ada banyak sekali aplikasi yang berkaitan dengan dunia pemrograman. Sangat cocok untuk yang ingin menjadi web developer atau pengembang website.

Tenang saja karena aplikasi memiliki keamanan yang sangat bagus sehingga keamanan data pribadi tetap terjaga dengan baik. Meskipun lumayan unggul, tapi aplikasi juga memiliki beberapa kekurangan.

Kekurangan yang paling terasa, koleksi aplikasi di dalam platform ini tidak terlalu lengkap seperti Play Store. Jika ingin menemukan aplikasi yang tidak ada di platform ini, silahkan aktifkan fitur Aurora terlebih dahulu. Selanjutnya jangan lupa izinkan lokasi.

6. 9 APPS

9-APPS

Selain menggunakan aplikasi alternatif pengganti Play Store di atas, Anda juga bisa menggunakan website spesial yang menyediakan berbagai aplikasi seperti di Play Store. Koleksi aplikasinya lumayan lengkap karena bisa menemukan aplikasi berbayar atau non berbayar dengan mudah.

Tampilan aplikasi bisa dibilang sangat sederhana. Jadi cocok untuk semua pengguna, termasuk pemula. Sekali pakai website, Anda pasti tidak akan kesulitan untuk menggunakannya. Sebelum mendownload aplikasi di sini, usahakan memperhatikan koneksi internet terlebih dahulu.

Jangan sampai koneksinya tidak stabil karena sudah pasti membuat proses download menjadi tidak lancar. Akhirnya, aplikasi yang diinginkan tidak dapat di download dengan baik.

7. Getjar

Getjar

Getjar adalah salah satu aplikasi pengganti Play Store terbaik yang ada saat ini. Bukan hanya menyediakan aplikasi yang sedang ngetren saja, di dalam aplikasi juga tersedia berbagai aplikasi yang sudah jarang ditemukan.

Dengan mengandalkan aplikasi ini, Anda dapat mendownload game lawas yang selanjutnya bisa dimainkan untuk nostalgia. Silahkan download aplikasi Getjar dan gunakan sesuai keinginan. Jika penyimpanan Anda tidak cukup untuk ruang aplikasi ini, silahkan memakai versi websitenya saja.

Sehingga, smartphone tidak akan terganggu dari segi kinerja. Sangat menarik bukan ?

8. Huawei App Gallery

Huawei-App-Gallery

Dari namanya pasti Anda tahu aplikasi populer ini. Huawei App Gallery adalah aplikasi pengganti Play Store yang hanya dapat digunakan pengguna Honor atau Huawei. Namun belum lama ini, pengembangnya sudah mengizinkan berbagai merek ponsel dapat menggunakan aplikasi ini.

Pastinya sudah ada peningkatan pengembangan di dalam aplikasi ini. Anda dapat mendownload aplikasi dari versi resminya. Soal fitur, tidak ada perbedaan terlalu jauh karena semua aplikasi yang ingin didownload sudah disediakan di Huawei App.

Menurut data yang ada, aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 400 juta pengguna yang juga dipercaya oleh pengembang populer aplikasi. Jika dilihat dari koleksi aplikasi, setidaknya sudah ada 1,3 juta aplikasi yang tersedia.

Apabila Anda menemukan aplikasi yang tidak dapat di download di Play Store, silahkan coba download melalui platform ini.

9. Mobogenie

Mobogenie

Mobogenie menjadi aplikasi alternatif pengganti Play Store yang dapat Anda gunakan selanjutnya. Fitur di dalam aplikasi bisa dibilang sangat lengkap. Kelebihannya, Anda dapat menemukan aplikasi ini di versi PC juga.

Dengan fitur tersebut, Anda dapat mendownload aplikasi tanpa harus melakukan transfer aplikasi terlebih dahulu. Satu hal yang perlu diperhatikan, Anda tetap membutuhkan emulator aplikasi agar dapat menggunakan aplikasi di PC.

Tentunya ini bukan perkara yang sulit karena cara memakai emulator sangat mudah. Anda juga bisa memilih emulator terbaik untuk menggunakan aplikasi.

10. Samsung Galaxy Store

Samsung-Galaxy-Store

Bagi pengguna smartphone pabrikan Korea Selatan, Samsung Galaxy Store bisa menjadi pilihan terbaik untuk digunakan. Aplikasi sudah mendukung semua perangkat Samsung. Artinya, Anda yang menggunakan perangkat Samsung tidak perlu khawatir saat Play Store Anda mengalami kendala.

Pengguna Samsung bisa download aplikasi menggunakan platform ini. Tak hanya itu, Galaxy Store juga sudah bekerja sama dengan banyak pengembang. Hal ini membuat kualitas aplikasi menjadi lebih sempurna dan terbaik di kelasnya.

Misalnya ada aplikasi bernama Fortnite yang tidak ada di Play Store tapi bisa Anda temukan di Samsung Galaxy Store. Ada juga aplikasi bernama Forza Street. Di mana aplikasi tersebut membuat Samsung Anda makin ganas dan gahar layaknya Samsung S20 Series.

Tenang saja, karena aplikasi tersebut dapat didownload di Galaxy Store.

11. Get Apps

Get-Apps

Aplikasi alternatif Play Store ini sangat cocok untuk pengguna Xiaomi, Mi dan Poco. Jika Play Store Anda tidak dapat digunakan di perangkat tersebut, silahkan download aplikasi Get Apps. Dengan download aplikasi tersebut, Anda bisa menginstal dan mengelola aplikasi populer di perangkat.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus mematikan Play Store terlebih dahulu. Selanjutnya, silahkan beralih ke Get Apps dan akses semua aplikasi dan game kapanpun. Terlepas dari itu semua, Xiaomi juga sudah mendorong aplikasi populer ini menjadi lebih besar lagi.

Caranya dengan menghadirkan beragam aplikasi populer yang kini banyak digunakan pengguna android seperti Facebook, Tiktok dan sebagainya.

12. Apps APK

Apps-APK

Aplikasi ini agak berbeda dengan aplikasi yang sudah disebutkan di awal. Di mana aplikasi ini berbentuk website yang menyediakan berbagai aplikasi berbayar dan non berbayar layaknya di Play Store.

Aplikasi ini mempunyai tampilan yang sederhana tapi koleksi aplikasinya sangat lengkap. Anda akan mudah menemukan aplikasi favorit di aplikasi ini. Pasalnya setiap aplikasi telah dikategorikan sesuai jenisnya.

Sebelum mendownload aplikasi, Anda harus memastikan koneksi internet lancar agar proses download tidak gagal.

13. Opera Mobile Store

Opera-Mobile-Store

Sudah pernah mendengar nama Opera? Opera adalah salah satu aplikasi yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Mengingat salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan saat ini. Opera merupakan aplikasi yang dirilis oleh perusahaan besar yang sama dengan Opera Mini.

Opera Mobile Store adalah bentuk komitmen perusahaan untuk menghadirkan beragam aplikasi terbaik di Android. Koleksi di dalam aplikasi lumayan lengkap karena bukan hanya aplikasi dari Android saja.

Anda dapat menemukan berbagai aplikasi dari iOS, BlackBerry, OS Java dan masih banyak koleksi aplikasi lainnya. Tidak perlu bingung karena aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga cocok untuk pemula.

Di dalam aplikasi, Anda bisa menemukan aplikasi berbayar dan non berbayar dengan mudah.

14. BlackMart

BlackMart

Aplikasi alternatif pengganti Play Store yang dapat didownload adalah BlackMart. Aplikasi menyuguhkan beragam aplikasi populer yang dapat Anda download layaknya di Google Play Store.

Aplikasi di platform ada yang berbayar tapi ada juga yang non berbayar sehingga dapat disesuaikan dengan keinginan para penggunanya. Untuk menggunakan aplikasi pengganti ini, Anda bisa mendownload secara gratis.

Tidak perlu bingung, karena aplikasi punya interface yang mudah dipahami oleh pemula.

15. Mobile Market

Mobile-Market

Belakangan ini Mobile Market menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan pengguna Android. Tidak lain karena fungsi aplikasi yang hampir sama seperti Google Play Store.

Perbedaannya, di aplikasi ini selalu ada update setiap Minggu yang pasti menambah koleksi aplikasi di dalamnya. Mobile Market memiliki aplikasi berbayar dan non berbayar. Bagi yang mencari aplikasi Android versi lawas, aplikasi populer ini juga menyediakannya.

Untuk memudahkan mencari aplikasi favorit, aplikasi dilengkapi berbagai kategori sehingga memudahkan setiap penggunanya.

16. App Brain

App-Brain

Rekomendasi aplikasi pengganti Play Store selanjutnya adalah App Brain. Bagi yang mencari aplikasi premium tanpa membayar, mendownload aplikasi ini adalah pilihan yang tepat. Di aplikasi ini, Anda dapat mengakses berbagai aplikasi sesuai keinginan.

Untuk memudahkan mencari aplikasi, silahkan gunakan filter kategori yang sudah disediakan di aplikasi ini. Setiap aplikasi juga sudah diupdate ke versi terbaru sehingga menambah perpustakaan aplikasi. Di sini Anda juga bisa menemukan aplikasi versi lawas. Benar-benar lengkap pastinya.

17. Apk4Fun

Apk4Fun

Banyak yang tidak tahu mengenai aplikasi pengganti Play Store ini. Bagi yang belum tahu, Apk4Fun merupakan aplikasi dengan repository terbaik dan terlengkap saat ini. Aplikasi ini memiliki koleksi yang lumayan lengkap.

Jadi, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengelola dan mengatur aplikasi layaknya seperti di Play Store. Bagi yang membutuhkan aplikasi versi lama, silahkan gunakan aplikasi Apk4Fun karena mereka juga menyediakannya. Tidak usah ragu soal keamanan aplikasi.

Mengingat aplikasi ini memiliki sisi keamanan yang sangat luar biasa. Jadi, Anda bisa mendownload, menginstal dan mengelola aplikasi sesuai keinginan. Desain aplikasi yang modern, membuat aplikasi ini cocok untuk kalangan generasi milenial.

Tidak hanya milenial, sebenarnya aplikasi ini bisa digunakan siapa saja karena interface yang mudah dipahami pemula.

Sekarang Anda telah mengetahui apa saja aplikasi alternatif Play Store yang bisa didownload di Android. Setiap aplikasi pengganti tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa menyelesaikannya sesuai dengan kebutuhan.

 

Lihat Juga :