Arti Centang Biru di IG, Verified Account, Apaan Tuh?

Arti centang biru di IG sangatlah penting bagi pemilik akun sosial media Instagram karena keberadaan dari centang biru ini menandakan bahwa akun tersebut cukup aktif dan berpengaruh di Instagram.

Sehingga bisa mendapatkan verifikasi dari pihak Instagram yang biasanya akan diberikan pada akun yang memiliki jumlah followers sebanyak puluhan ribu hingga ratusan ribu. Dan apakah fungsi dari centang biru?

Apa Itu Centang Biru di IG?

Apa-Itu-Centang-Biru-di-IG

Sebagian besar pengguna Instagram di Indonesia menyebutkan istilah verified account dengan centang biru. Istilah ini digunakan pada sebuah akun Instagram asli yang sudah diverifikasi keasliannya oleh pihak Instagram.

Umumnya verifikasi atau centang biru diberikan pada akun milik tokoh penting yang terkenal seperti selebriti, atlet, hingga orang orang berpengaruh di seluruh dunia. Hal ini dilakukan agar bisa membedakan akun Instagram asli dan palsu.

Karena sebagai orang orang terkenal, biasanya banyak orang memalsukan akun IG mereka dengan berbagai macam tujuan. Oleh sebab itu pihak Instagram memberikan solusi untuk membedakan antara akun asli dengan akun tiruan atau palsu.

Yakni dengan cara memberikan centang biru.

Sehingga apabila Anda menemukan akun IG dengan nama tokoh terkenal atau artis namun tidak memiliki centang biru atau verified account dari Instagram. Maka sudah bisa dipastikan jika akun tersebut palsu.

Maka untuk menemukan akun IG dari tokoh terkenal yang kalian sukai, pastikan jika pada akun tersebut sudah terdapat centang biru yang merupakan tanda keaslian dari akun tersebut ya.

Cara untuk mendapatkan centang biru di IG sendiri bukan hal yang cukup mudah untuk dilakukan. dimana Anda wajib memenuhi beberapa syarat yang diberikan oleh pihak Instagram.

Selain itu, bukan hanya artis dan tokoh terkenal saja yang bisa mendapatkan centang biru. Namun orang orang dengan banyak pengikut dan aktif di IG juga bisa mendapatkan centang biru loh.

Mengapa Orang Ingin Mendapatkan Centang Biru di IG?

Mengapa-Orang-Ingin-Mendapatkan-Centang-Biru-di-IG

Arti centang biru di Instagram bagi banyak orang sangatlah penting sebab tanda tersebut membuktikan bahwa akun sudah diverifikasi oleh pihak Instagram. Dan pastinya akun tersebut sudah terbukti keasliannya.

Hal ini pastinya sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan IG sebagai media promosi. Baik bagi tokoh penting yang terkenal seperti selebriti, influencer dan content creator.

Sehingga akun mereka akan memiliki nilai yang sangat tinggi dan pastinya hanya orang orang terkenal saja yang memiliki lencana centang biru.

Inilah yang membuat centang biru menjadi sangat penting bagi pengguna IG, sehingga menjadikan verifikasi IG atau centang biru sebagai salah satu pencapaian utama bagi suatu akun.

Hal ini pulalah yang membuat persyaratan untuk mendapatkan centang biru cukup sulit dan Instagram juga tidak membeberkan secara terbuka mengenai apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan verifikasi.

Siapa yang Bisa Mendapatkan Centang Biru atau Verifikasi di Instagram?

Lencana biru ini sendiri biasanya akan diberikan pada orang orang yang memiliki pengaruh besar atau terkenal. Bisa juga diberikan pada merk terkenal dengan banyak pengikut di Instagram.

Hal ini pastinya dilakukan untuk menghindari adanya penipuan dan pemalsuan yang bisa saja dilakukan dengan mengatasnamakan nama nama terkenal.

Akun palsu dan peniru ini biasanya memang menggunakan akun terkenal dan berpengaruh di media sosial sebagai target utama. Para penipu ini biasanya akan menggunakan kemiripan mereka agar bisa mengelabui para pengguna IG.

Biasanya para peniru ini akan menggunakan akun tersebut untuk melakukan tindakan merugikan seperti mengganggu, meneror hingga penipuan.

Inilah mengapa akhirnya diadakan verifikasi pada akun IG yang dibuat oleh orang orang terkenal dengan jumlah pengikut yang banyak. Centang biru ini akan berguna untuk sebagai sertifikasi keaslian dari akun Instagram tersebut.

Sehingga bisa memberikan petunjuk bagi pengikut mengenai tokoh dan merk yang ada dibalik akun tersebut adalah asli dan bisa dipercaya.

Lalu, siapa saja yang bisa mendapatkan centang biru?

1. Artis atau Selebriti

Artis-atau-Selebriti

Profesi artis atau selebriti adalah salah satu syarat bagi sebuah akun IG untuk mendapatkan verifikasi atau centang biru. Maka bisa dibilang bahwa jika Anda bukanlah artis atau selebriti akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan centang biru.

Sebab artis dan selebriti pastinya memiliki banyak fans dan pengikut yang IG yang tidak terhitung. Sehingga centang biru diberikan pada akun artis atau selebriti akan diberikan agar fans mereka bisa menemukan akun IG resmi dengan mudah.

Karena mereka sangat terkenal maka sangat mungkin banyak orang yang membuat akun dengan nama dan foto mereka.

Meski tujuannya tidak selalu untuk penipuan, namun akun artis palsu biasanya dibuat dengan tujuan untuk mengapresiasi artis atau selebriti tersebut. Dan biasanya akun akun palsu ini dibuat oleh fans artis itu sendiri.

Namun dengan banyaknya akun yang menggunakan nama artis akan membuat fans lainnya merasa bingung untuk memastikan mana akunnya yang asli. Oleh sebab itu, dengan centang biru Anda bisa menemukan akun asli dari idola Anda dengan mudah.

2. Atlet dan Seniman

Atlet-dan-Seniman

Selain artis dan selebriti, atlet dan seniman adalah profesi yang juga memiliki banyak sekali pengaruh dan fans. Oleh sebab itu, Instagram juga memberikan kemudahan bagi akun Atlet dan seniman untuk mendapatkan centang biru.

Sehingga akun asli mereka bisa dikenali oleh pengikutnya dengan mudah.

Atlet dan seniman juga memiliki pengaruh besar di dunia, terkenal dan memiliki fans. Bahkan salah satu Atlet sepak bola terbaik di dunia Cristiano Ronaldo memiliki akun IG dengan jumlah pengikut terbanyak di seluruh dunia.

Jumlah pengikut CR7 sendiri bahkan lebih banyak dibandingkan dengan akun resmi Instagram itu sendiri. Sehingga tidak heran kan, jika akhirnya para atlet pun bisa mendapatkan centang biru dengan jumlah fansnya yang banyak.

Sehingga mengurangi tindakan penipuan dan pemalsuan akun IG para atlet ini.

Mereka yang berprofesi sebagai seniman pun juga bisa dengan mudah mendapatkan centang biru untuk melindungi karya-karya mereka yang diunggah di IG dari tindakan pembajakan dan pemalsuan.

Pastinya hal ini dilakukan untuk melindungi hak cipta dari karya para creator ini.

3. Tokoh Masyarakat

Tokoh-Masyarakat

Tokoh masyarakat juga memiliki pengaruh yang sangat besar sehingga mereka juga bisa mendapatkan centang biru dengan mudah. Tujuannya masih sama dengan sebelumnya, yakni mengurangi tindakan penipuan dan pemalsuan.

Sehingga akun dari tokoh masyarakat ini bisa dibedakan dengan akun akun lain yang mengatasnamakan mereka dan pastinya merupakan akun palsu.

Tokoh masyarakat ini meliputi Presiden, Menteri, Walikota, Gubernur, Politikus dan beberapa tokoh ahli dengan banyak pengaruh di masyarakat.

4. Merek Produk Ternama

Merek-Produk-Ternama

Pastinya Anda memiliki merek produk favorit kan, nah jika Anda memiliki produk favorit dan ingin mengikuti akun IG nya untuk memberikan dukungan atau agar mendapatkan informasi terbaru terkait produk favorit Anda.

Maka pastikan jika Anda mengikuti akun dengan centang biru ya.

Sebab IG juga akan memberikan verifikasi pada akun dengan merk terkenal, tentu dengan tujuan untuk menghindari penipuan dan pemalsuan.

Merk merk ternama seperti Chanel, Adidas hingga Zara memiliki akun IG dengan lencana biru.

5. Akun IG yang Punya Followers dan Likers Meningkat Secara Drastis

Akun-IG-yang-Punya-Followers-dan-Likers-Meningkat-Secara-Drastis

Tidak harus menjadi artis atau tokoh terkenal untuk mendapatkan centang biru. Seba jika akun IG Anda tiba-tiba memiliki jumlah pengikut yang meningkat secara drastis. Ditambah memiliki jumlah likers yang terus meningkat setiap harinya.

Akun Anda juga akan berkesempatan memiliki lencana centang biru.

Sebab IG sangat suka dengan akun IG yang aktif di platform mereka dan mengajak banyak pengguna untuk berlama-lama di Instagram.

Maka Instagram pun bisa mempertimbangkan untuk memberikan lencana biru pada akun dengan lonjakan followers dan likers sangat banyak setiap harinya. Jadi Anda bisa membuat suatu karya yang bisa membuat Anda terkenal.

Sehingga bisa mendapatkan centang biru.

6. Akun yang Sedang Hits di IG

Akun-yang-Sedang-Hits-di-IG

Sama halnya dengan poin no 5, aku hits yang tiba-tiba menjadi banyak perbincangan juga memiliki potensi untuk dipalsukan. Oleh sebab itu Instagram juga akan memberikan lencana centang biru pada akun tersebut.

Akun hits sendiri tidak selalu aku selebgram ya, namun juga bisa berasal dari akun biasa yang menjadi banyak perbincangan orang.

7. Selebgram

Selebgram

Selebgram adalah sebutan bagi orang orang yang terkenal dan berkarya di Instagram, orang orang ini pastinya memiliki banyak sekali pengikut dan memiliki banyak fans. Mereka menggunakan platform Instagram untuk berkarya.

Selebgram sendiri berasal dari Selebriti Instagram yang artinya artis di Instagram, sebab mereka terkenal dari platform ini dan berkarya di sini.

Sehingga tidak mengherankan jika Instagram juga akhirnya akan memberikan lencana centang biru bagi para selebgram ini.

Karena memiliki banyak fans dan juga pengikut, maka akun para selebgram ini pastinya rawan dipalsukan. Selain itu, selebgram juga membantu mempromosikan Instagram dengan mengajak banyak orang untuk berlama-lama di platform ini.

Atas pertimbangan tersebutlah maka tidak heran bahwa selebgram menjadi profesi yang tidak terlalu sulit untuk mendapatkan verifikasi dari Instagram dengan lencana centang biru agar akunnya bisa dibedakan dengan akun akun palsu.

Beberapa selebgram Indonesia yang sangat terkenal antara lain, Awkarin, Anya Geraldine hingga Rachel Vennya yang sangat terkenal dan memiliki banyak fans.

Pengaruh mereka sendiri tidak kalah loh dengan selebriti dan artis.

8. Akun Pribadi yang Banyak Diduplikasi

Akun-Pribadi-yang-Banyak-Diduplikasi

Untuk akun pribadi yang banyak diduplikasi dan dipalsukan juga bisa masuk ke dalam kategori untuk mendapatkan lencana centang biru. Apalagi jika ada banyak sekali akun pribadi dengan nama dan foto yang sama atau diperbanyak oleh orang lain.

Pastinya tujuannya adalah untuk mendapatkan banyak keuntungan pribadi.

Maka Anda bisa mengajukan verifikasi pada pihak Instagram dan selain melihat syarat di atas, Instagram juga akan mengawasi setiap akun. Untuk memutuskan apakah layak mendapatkan lencana centang biru atau tidak.

Jika Anda dianggap pantas mendapatkan verifikasi maka Instagram pun akan memberitahukan lewat e-mail dan meminta Anda melakukan konfirmasi untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Sehingga bisa dibilang untuk mendapatkan centang biru Anda harus memenuhi persyaratan di atas. Dan kini Anda pun sudah tahu apa arti centang biru di IG dan betapa pentingnya lencana ini.

Lalu bagaimana ya, cara mendapatkannya?

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Cara-Mendapatkan-Centang-Biru-di-Instagram

Untuk melakukan proses pengajuan centang biru di Instagram sendiri sebenarnya sangatlah mudah. Namun persyaratannya saja yang cukup sulit sebab arti centang biru d IG sangatlah penting.

Asalkan Anda sudah memenuhi syarat yang dibutuhkan, dan berikut ini cara daftar centang biru di Instagram :

  • Langkah pertama pastinya adalah dengan masuk ke akun Instagram Anda.
  • Lalu kunjungilah profil Anda dan klik pada tombol Menu yang ada di sudut kanan atas atau ikon garis tiga.
  • Klik ikon roda gigi kecil untuk masuk ke menu Pengaturan.
  • Lanjut dengan memilih opsi Akun.
  • Klik Minta Verifikasi yang ada di bagian bawah.
  • Isilah nama lengkap, profesi hingga kategori yang Anda miliki.
  • Lanjut dengan mengunggah foto KTP atau dokumen bisnis Anda ya.
  • Selesaikan prosesnya dengan klik Kirim setelah semua data berhasil diisi dengan lengkap.

Jangan lupa untuk membaca pada bagian dimana Anda harus melampirkan ID Anda dan Anda pun membutuhkan KTP yang jelas dengan menyatakan serta nama, tanggal lahir sesuai dengan yang ada pada KTP, SIM dan Paspor.

Kemudian untuk meminta verifikasi bisnis dan merek jangan lupa untuk melampirkan dokumen pengajuan pajak dan tagihan utilitas.

Setelah proses pengajuan dilakukan dan data sudah Anda isi dengan benar, maka selanjunya Anda harus menunggu. Sebab Instagram akan melakukan peninjauan terhadap permintaan untuk verifikasi akun Anda.

Apa Persyaratan Verifikasi Akun Instagram?

Apa-Persyaratan-Verifikasi-Akun-Instagram

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa syarat untuk mendapatkan lencana centang biru atau verifikasi akun Instagram cukup sulit. Dan membutuhkan banyak syarat yang harus terpenuhi.

Dan berikut ini adalah syarat yang harus Anda pahami sebelum mengajukan proses verifikasi pada akun IG Anda :

  • Mematuhi persyaratan layanan dan juga pedoman yang diberlakukan oleh Komunitas Instagram.
  • Untuk dapat memenuhi segala syarat yang ada, Anda pun juga harus menjadi yang Anda katakan. Yakni apakah akun Anda mewakili seseorang secara pribadi, merek atau bisnis.
  • Pastikan hanya satu akun perorang atau pebisnis saja yang memiliki verifikasi, namun bisa dikecualikan pada akun khusus bahasa. Tapi untuk akun penggemar, komunitas fans hingga akun meme tidak akan bisa terverifikasi.
  • Jika tujuan utama dari lencana biru adalah untuk para tokoh dan juga entitas publik maka Anda tidak boleh mempunyai foto profil pribadi dan harus menggunakan profil lengkap.
  • Salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan centang biru adalah dengan menjadi terkenal. Tidak perlu menjadi artis, atlet atau tokoh masyarakat. Namun jika akun IG Anda cukup terkenal sebagai selebgram.

Bisakah Mendapatkan Verifikasi di Instagram?

Bisakah-Mendapatkan-Verifikasi-di-Instagram

Jika Anda bertanya apakah akun Anda bisa mendapatkan lencana biru, maka jawabannya adalah Ya. Faktanya memang siapa saja bisa mengajukan verifikasi pada akun mereka.

Namun seperti yang sudah dijelaskan jika syarat yang harus Anda penuhi cukup sulit. Karena selain harus memenuhi setiap syarat yang diajukan oleh Instagram.

Pihak Instagram juga melakukan proses yang ketat untuk meninjau apakah akun Anda berhak mendapatkan lencana biru atau tidak. Pastinya akun IG dengan pengaruh tinggi di Instagram akan mendapatkan kesempatan paling besar.

Sebab Instagram mengutamakan akun yang secara aktif memiliki jumlah pengikut banyak serta mengajak orang orang untuk menggunakan Instagram dan berada di platform ini dalam waktu yang lama.

Meskipun Anda bukanlah selebriti, artis, tokoh publik atau atlet, tapi Anda bisa berkesempatan untuk memiliki lencana centang biru.

Begitu pentingnya arti centang biru di Instagram bagi banyak orang. Sebab akun dengan centang biru akan dianggap terpercaya dan memiliki pengaruh tinggi di Instagram.

 

Lihat Juga :