Arti Mutualan IG yang Viral Sekarang 2021 dan Kegunaannya

Mungkin Anda sering menemukan istilah mutualan dari suatu jejaring media sosial. Misalnya mutualan di aplikasi IG atau Instagram. Arti mutualan IG ini maksudnya adalah berteman, antar pengguna IG yang satu dengan yang lainnya.

Mutualan menjadi istilah yang sedang populer saat ini dan sedang banyak digunakan. Sejak dahulu memang sering digunakan, tetapi masih banyak pengguna yang belum paham arti dari mutualan IG tersebut.

Arti Mutualan IG yang Sedang Populer Saat Ini

Arti-Mutualan-IG-yang-Sedang-Populer-Saat-Ini

Mutualan di IG ini sering kali membuat bingung para pengguna IG, dan tidak terlalu diperhatikan oleh mereka. Untuk itu, jika Anda termasuk pengguna IG sebaiknya memahami apa arti dari mutualan IG tersebut.

Arti mutualan ini juga unik karena berasal dari bahasa gaul yang biasa digunakan oleh sejumlah anak remaja di Indonesia. Bahasa gaul tersebut juga sering digunakan di media sosial, baik di aplikasi IG atau media sosial lainnya.

Beberapa pengguna IG tersebut mengartikan mutualanĀ  ini bermacam-macam. Mutualan itu sendiri merupakan kata dalam bahasa Inggris yang artinya mutual bersama, yang dimana satu dengan yang lainnya saling mengikuti.

Banyak juga pengguna yang mengartikan mutualan sebagai aktivitas follow dan difollow atau saling mengikuti. Intinya, arti mutualan IG ini adalah saling memfollow atau saling berteman bagi para pengguna di IG.

Apabila Anda menemukan ajakan saling mutualan di IG, kini Anda paham artinya adalah saling memfollow. Jika diartikan dari bahasa gaul, maksud dari mutualan ini adalah mengajak pengguna untuk saling mengikuti akun di IG.

Sebenarnya arti mutualan ini sama saja, pada intinya adalah saling memfollow di aplikasi IG itu sendiri. Bagi para anak muda yang kekinian, Anda harus tahu arti mutualan IG ini supaya nantinya paham jika ada yang mengajak saling mutualan.

Bahasa Gaul Mutualan di Aplikasi IG

Bahasa-Gaul-Mutualan-di-Aplikasi-IG

Kata mutualan masuk ke dalam kategori kata yang gaul untuk saat ini. Bagi para pengguna IG yang aktif tentu Anda sudah paham arti dari mutualan ini.

Anda juga bisa menggunakan kata mutualan ini pada sosia media lainnya misalnya di Facebook, Whatsapp, atau Twitter yang menegaskan permintaan pertemanan. Anda juga bisa mengajak orang lain untuk saling mutualan di IG, dengan mengirim inbox dan melakukan permintaan pertemanan.

Walaupun bisa digunakan di aplikasi atau sosial media yang lainnya, tetapi kebanyakan orang yang paham mutualan ini hanya di IG saja. Hal itu disebabkan kata mutualan sedang populer di kalangan para pengguna IG.

Hal ini juga akan menambah wawasan Anda mengenai bahasa gaul terkait arti dari mutualan tersebut. Adanya mutualan di IG akan saling menguntungkan bagi pihak-pihak yang saling memfollow, karena mereka sama-sama untung dengan jumlah follower yang juga terus bertambah.

Arti mutualan IG lainnya adalah hubungan yang terjadi diantara dua pemilik akun IG, yang dimana keduanya sama-sama untung dari mutualan tersebut.

Mutualan Bisa Menambah Jumlah Follower di IG

Mutualan-Bisa-Menambah-Jumlah-Follower-di-IG

Ketika jumlah followers Anda di Instagram sudah banyak maka Anda bisa melakukan apa saja di sana, misalnya menjadi influencer atau mempromosikan bisnis yang sedang dijalankan saat ini. Caranya yaitu dengan menshare link profil dari akun IG yang Anda miliki.

Khususnya untuk Anda yang perlu mempromosikan bisnis dengan mudah dan cepat, melalui sosial media. Anda juga bisa memanfaatkan follower yang banyak tersebut untuk memposting konten-konten positif yang menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Nama akun Instagram Anda juga akan lebih mudah dikenal, dan akan banyak tawaran pekerjaan yang berkaitan dengan profesi Anda saat ini. Bertambahnya jumlah follower di IG tersebut disebabkan oleh mutualan itu sendiri.

Seperti banyaknya saat ini model-model iklan di Shopee yang dikenal dari akun Instagramnya. Biasanya jumlah follower mereka di IG mencapai ratuan, puluhan, bahkan hingga jutaan follower. Mutualan bisa menjadi salah satu cara meningkatkan follower dengan cara yang manual.

Manfaat Mutualan di Instagram dan Cara Bermutualan

Manfaat-Mutualan-di-Instagram-dan-Cara-Bermutualan

Kegunaan dan juga manfaat dari mutualan di IG ini diantaranya yaitu:

  • Bisa menambah jumlah follower IG dengan cara manual sehingga hal itu tidak menyalahi aturan atau menyalahgunakan kebijakan dan aturan yang ada di Instagram.
  • Dari mutualan bisa terjadi like, comment, atau saling menshare foto/video dan link tertentu.
  • Menambah kenalan di dunia maya dan dapat menjalin silaturahmi dengan banyak orang di sana.

Lalu bagaimana cara bermutualan di IG tersebut? Berikut tata cara mudahnya:

1. Mengirim DM pada Akun Lainnya di IG

Bagi Anda yang memiliki akun baru di IG dan ingin menambah follower bisa menambah jumlah follower tersebut, dengan cara natural. Anda bisa bermutualan dengan langsung mengirim DM atau message secara pribadi pada suatu akun IG.

Anda bisa memfollow mereka terlebih dulu kemudian mengirim pesan yang isinya adalah mengajak mereka untuk saling mutualan atau saling memfollow. Tips mengirim pesan di DM untuk mengajak mutualan yaitu:

  • Sebaiknya ajak atau follow dahulu akun IG yang Anda kenal di dunia nyata misalnya teman semasa sekolah dulu, atau teman di masa lalu.
  • Follow akun-akun IG yang jumlah followernya tidak terlalu banyak di IG tetapi ia aktif bersosial media di Instagram tersebut.
  • Follow akun IG lawan jenis yang menurut Anda menarik, dan mencoba mengiriminya DM.

2. Mutualan IG Melalui Grup di Whatsapp

Cara bermutualan yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan grup yang ada di Whatsapp. Biasanya isi dari grup WA adalah orang-orang yang Anda kenal dari dunia nyata. Hal ini akan lebih mudah dilakukan karena Anda sudah kenal dengan mereka.

Anda bisa bermutualan di IG dengan orang-orang yang tergabung di grup WA yang sama, saling kirim comment dan juga like dengan mereka di IG, dan bisa berbagi informasi mengenai apa saja misalnya pekerjaan.

3. Mengisi Pesan pada Profil Bio Instagram

Selain beberapa cara di atas Anda juga bisa membuat pesan pada bio profil di Akun IG Anda, yang dimana isinya adalah meminta orang-orang yang memfollow Anda untuk saling mutualan di IG.

Cara ini akan memancing akun di IG yang lainnya, untuk memfollow Anda ketika Anda memfollow mereka lebih dulu. Kemudian Anda dengan akun tersebut bisa mutualan di IG.

Cara Menambah Jumlah Followers di Instagram Tanpa Membeli di Jasa Followers

Cara-Menambah-Jumlah-Followers-di-Instagram-Tanpa-Membeli-di-Jasa-Followers

Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan saat ini adalah aplikasi Instagram. Sejumlah anak milenial atau generasi Z banyak menggunakan aplikasi tersebut. Tak hanya mengunduh foto/video saja di IG, tapi Anda juga bisa menambah followers atau pengikut.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah jumlah followers tersebut, tanpa harus membelinya di jasa followers saat ini. Salah satu cara menambah followers dengan cara manual adalah dengan mutualan atau mengajak akun-akun lain bermutualan.

Anda juga bisa memperbaiki tampilan atau feed di IG Anda untuk menarik jumlah followers.

Menggunakan filter atau efek pada foto-foto yang diunggah, menambahkan komposisi warna yang selaras antara foto yang satu dengan yang lainnya, atau memilih angle foto yang tepat, juga bisa membuat jumlah followers Anda bertambah.

Eksistensi serta popularitas Anda di Instagram akan bertambah jika jumlah followers juga meningkat. Itulah yang membuat banyak pengguna IG menjadi selebgram, dan bisa memperoleh penghasilan dari sana. Berikut ini beberapa cara dalam menambah jumlah followers di IG selain dari mutualan:

Tidak Memprivate Akun Instagram

Media sosial seperti IG ini, bisa menjadi tempat untuk berbagi dan melakukan banyak hal di sana. Itulah sebabnya banyak orang yang memilih untuk memprivate atau mengunci akun Instagram mereka.

Walaupun hal itu terbilang boleh dilakukan dan tak menyalahi aturan, tetapi jika Anda ingin menambah jumlah followers di IG maka jangan memprivate akun IG Anda. Pengguna IG lainnya tentu akan kesulitan melihat aktivitas Anda pada postingan Anda di sana.

Hal itu akan membuat pengguna IG malas untuk memfollow Anda, jika melihat akun Anda dikunci. Untuk itu, biarkan saja akun Anda dibuka supaya bisa memancing komentar serta likes dari pengguna yang lainnya.

Walaupun orang-orang itu tidak memfollow Anda secara langsung, tetapi semakin banyaknya like dan komentar maka foto/video yang Anda unggah akan masuk ke fitur explore di IG.

Follow dan Komentar Akun-akun Selebgram atau Influencer

Cara lainnya menambah followers selain mutualan adalah dengan memfollow dan memberi komentar/like pada akun selebgram atau akun-akun influencer. Bisa juga artis-artis yang saat itu sedang viral atau terkenal.

Hal ini juga akan berpotensi untuk difollow oleh akun lainnya yang juga memfollow artis, influencer, ataupun artis yang sama karena mereka memiliki idola atau ketertarikan yang sama.

Cara ini memang terkesan ketinggalan zaman tetapi tidak ada salahnya dicoba, untuk menambah jumlah followers tersebut.

Menambah Followers dengan Memakai Teknik Follow dan Unfollow

Tanpa harus menggunakan jasa tambah followers, sebenarnya followers Anda di IG juga bisa terus bertambah. Bisa dengan menggunakan teknik follow dan unfollow, misalnya dengan mencari akun IG yang jumlah followersnya banyak terlebih dulu.

Lalu cek di bagian atas followers untuk melihat followers baru yang ada di urutan paling atas. Maka Anda bisa memfollow akun dari followers itu supaya nantinya mereka memfollow balik.

Namun pastikan kembali Anda tidak memfollow sejumlah akun dalam waktu yang bersamaan. Jumlah followers Anda akan bertambah setelah memfollow akun-akun tersebut.

Share Postingan Instagram Anda di Akun Sosial Media Lainnya

Cara menambah jumlah followers yang lainnya yaitu dengan menshare postingan di IG melalui sosial media lainnya misalnya di Facebook atau Twitter. Aktifkan fitur sinkronisasi di akun IG Anda agar terhubung langsung pada platform sosial media yang lainnya.

Apabila sinkronisasi akun dari IG sudah aktif maka setiap kali Anda memposting foto/video dari IG akan langsung terlihat di akun yang lain.

Cara Menambah Followers Instagram Tanpa Aplikasi

Cara-Menambah-Followers-Instagram-Tanpa-Aplikasi

Seperti yang telah dijelaskan tadi, arti mutualan IG adalah saling follow memfollow yang tujuannya adalah untuk menambah followers. Anda juga bisa menambah jumlah followers tanpa harus menggunakan aplikasi, selain dengan teknik mutualan tadi. Caranya yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan Hastagh yang Tepat

Salah satu tips mudah menambah followers di IG adalah dengan menggunakan hastags atau tanda pagar dengan tepat. Menerapkan hastag dengan tepat akan memberi pengaruh pada popularitas akun IG Anda.

Setiap postingan foto/video di IG tambahkan hastags dengan tepat, yang sesuai dengan pencarian banyak orang. Hal ini juga akan memudahkan pengguna akun lainnya untuk bisa menemukan akun IG Anda.

Pastikan juga hastags yang dicantumkan sesuai dengan tema dari foto-foto yang diunggah. Jangan membuat hastags sampah yang akhirnya menjadi spam karena tidak berhubungan dengan postingan.

Googling jenis-jenis hastags apa yang sedang populer saat ini atau sedang menjadi trending. Dicantumkannya hastags tersebut juga jangan terlalu banyak, hanya dengan 6 hastags saja sudah cukup.

2. Mengunggah Posting dengan Caption Menarik

Tak lupa buat caption yang menarik pada setiap postingan Anda, supaya jumlah followers Anda bisa bertambah. Caption yang menarik ini harus mengandung cerita dari tema foto/video yang Anda posting.

Misalnya dengan menggunakan kata-kata motivasi yang inspiratif, sehingga banyak orang yang menemukan manfaat dari memfollow Anda.

3. Menggunakan Fitur Instagram Stories untuk Berbagai Postingan yang Baru

Media sosial yang satu ini juga menghadirkan fitur Instagram Stories yang hanya berlaku dalam waktu 24 jam saja. Tujuan dari dibuatnya fitur ini adalah supaya para pengguna aktif menggunakan media sosial IG dengan berbagai postingan terbaru.

Fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk menambah jumlah follower secara gratis, dan meningkatkan jumlah komentar serta like dari berbagai postingan paling baru. Fitur ini juga akan memungkinkan pengguna lainnya untuk berkunjung ke profil Anda.

Apabila mereka tertarik maka mereka akan memfollow akun Anda.

Tips Meningkatkan Jumlah Followers Tanpa Menambah Jumlah Following

Apabila beberapa cara tersebut di atas cukup sulit dilakukan, maka masih ada tips lainnya dalam menambah jumlah followers tapi tidak harus menambah jumlah following. Berikut ini cara termudah menambah followers tanpa menambah following:

1. Memposting Konten di IG Secara Berkala

Memposting-Konten-di-IG-Secara-Berkala

Supaya jumlah followers Anda di IG bisa bertambah, maka Anda harus memposting foto/video secara berkala. Jika diperlukan, buat jadwal posting konten di IG beberapa kali dalam sehari atau dalam seminggu.

Dalam hal ini tentu dibutuhkan kreatifitas yang tak hanya kireatif saja, tetapi juga harus memberi manfaat dan juga unik. Para pengguna yang lainnya akan memilih akun mana saja yang layak untuk difollow, dan Anda akan terpilih jika postingannya pun inspiratif.

2. Gunakan Filter dan Tampilkan Foto yang Estetis

Gunakan-Filter-dan-Tampilkan-Foto-yang-Estetis

Para pengguna aplikasi IG ini biasanya adalah orang-orang yang suka dengan segala sesuatu yang sifatnya visual, baik melalui video ataupun foto. Hal itu juga akan menjadi penting, karena menunjukkan jenis foto yang tampak estetis.

Gunakan filter terbaik untuk membuat sebuah foto menjadi lebih estetis. Filter yang terdapat pada aplikasi IG bisa Anda manfaatkan, atau bisa juga dengan aplikasi foto/video editor.

3. Mencantumkan Bio yang Menarik

Mencantumkan-Bio-yang-Menarik

Cara lainnya menambah jumlah followers tapi tidak perlu menambah following adalah dengan mencantumkan bio yang menarik di sana. Tujuannya supaya orang-orang tertarik memfollow akun Anda jika bionya saja menarik.

Isi bio profil di IG dengan kalimat yang menarik tetapi tidak berlebihan. Cantumkan juga alamat web/blog yang Anda miliki.

Setelah memahami arti mutualan IG maka Anda bisa beralih pada cara-cara menambah followers dengan mudah, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Pastikan kembali Anda sudah membuat mutualan dengan sejumlah pengguna IG lainnya.

 

Lihat Juga :