IDGX kembali digelar untuk dukung game lokal

IDGX kembali mendukung game lokal

idgx-kembali-digelar

Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng Asosiasi Game Indonesia untuk menjadi tuan rumah Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) tahun ini untuk mendukung industri game lokal.

“Kami akan bekerja sama dengan ekosistem untuk membantu Game Indonesia tumbuh,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informasi dan Komunikasi Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, saat konferensi pers virtual, Rabu.

Pada tahun 2019, IGDX berlangsung, sebuah acara yang mempertemukan pemain lokal di industri game dengan pemain global. Acara ini merupakan sarana peningkatan kualitas tenaga kerja di industri game Indonesia sekaligus sebagai showroom hasil karya industri game lokal.

Tahun ini Kominfo merencanakan IDGX 2021 antara Oktober dan November, terdiri dari tiga program, yaitu IGD Academy, IGDX Business dan IGDX Conference.

Kementerian berencana untuk melakukan kegiatan ini baik online maupun offline.

IGDX Academy mencakup pelatihan dari mentor berpengalaman di industri game dari dalam dan luar negeri. Pendaftaran untuk program ini dimungkinkan hingga 2 Agustus.

Presiden Persatuan Games Indonesia, Cipto Adiguno, melihat pelatihan IGDX Academy ini intensif bagi para developer game advance dan advanced agar skill mereka berkembang terutama untuk produk dan perusahaan.

Sementara itu, pengembang IGDX Business dapat bertemu dengan penerbit game, studio game, pemerintah, pengembang luar negeri, dan investor. Acara ini akan berlangsung secara online selama dua hari.

Terakhir, konferensi IGDX berupa seminar dan workshop yang diselenggarakan secara online dan offline selama dua hari. Pembicara datang dari pemerintah, pelaku industri game lokal dan internasional, investor dan perwakilan dari industri lain.

Kominfo mencatat, event IGDX tahun 2019 menunjukkan animo yang cukup besar di industri game.

Peserta acara 2019 didominasi kalangan profesional (66,1 persen) sedangkan pelajar 16,1 persen.

Sumber :