Lulus PKN STAN, langsung ditugaskan di Kementerian Keuangan?

Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN merupakan sekolah resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Lalu apakah laporan keuangan PKN STAN bisa langsung diserahkan ke Kementerian Keuangan?

Lulus-PKN-STAN,-langsung-ditugaskan-di-Kementerian-Keuangan

Dari siaran pers FAQ BPPK Kementerian Keuangan disebutkan bahwa PKN STAN

merupakan sekolah yang memproduksi aparatur pengelola keuangan pemerintah di Indonesia. Sehingga nantinya bisa diberikan sesuai kebutuhan.
Baca juga:
Bergabunglah dengan PKN STAN secara non-reguler. Bisakah Anda mendapatkan pinjaman resmi?

Hanya saja lulusan PKN STAN tidak hanya ditugaskan di Kementerian Keuangan, tetapi juga bisa ditempatkan di instansi lain. Asal ada kebutuhan untuk lulusan.

“PKN STAN merupakan perguruan tinggi yang memproduksi aparatur pengelola keuangan negara di Indonesia.

Oleh karena itu, kebijakan rekrutmen lulusan PKN STAN akan tetap memperhatikan kebutuhan aparatur pengelola keuangan negara di setiap instansi pemerintah,” kata detiKEdu dikutip. informasi seperti yang saya katakan.

Sedangkan untuk pendaftaran PKN STAN 2021/2022 akan digunakan SBMPTN hasil UTBK 2021 dari Tes Potensi Skolastik (TPS). Langkah ini diambil untuk meminimalisir dampak dari pandemi COVID-19.

Dengan ketentuan tersebut, siswa SMA yang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tidak dapat mengikuti SPMB. Karena LTMPT tidak mengizinkan mereka untuk mengikuti UTBK SBMPTN 2021.

“Bagi peserta yang telah mendaftar dan diterima melalui jalur SNMPTN 2021 tidak dapat mengikuti UTBK 2021 sesuai ketentuan Lembaga Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sehingga tidak dapat mengikuti SPMB PKN STAN 2021”, tulis peraturan tersebut.
Baca juga:
Apa perbedaan biaya PKN-STAN reguler dan non-reguler? Itu penjelasannya

Kementerian Keuangan sendiri telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU)

pada 12 November 2020 untuk penempatan lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN tahun 2020 dengan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Keuangan Hadiyanto mengatakan, banyak lulusan PKN STAN yang ditugaskan ke kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (Pemda) pada 2020. Dari total lulusan 2020, 64% ditugaskan ke C/L dan 36% kepada pemerintah daerah.

“Tahun 2020 kita akan membagikan lulusan PKN STAN ke K/L bahkan pemerintah daerah. Dari total wisudawan yang diwisuda tahun ini sebanyak 2.447 (156 wisudawan DI dan 2.291 wisudawan D-III), sebanyak 1.014 orang ditugaskan ke K/L dan pemerintah daerah, dengan rincian penugasan 41 K/L hingga 647 orang. (64%) dan ditugaskan di 13 pemerintah daerah sebanyak 367 orang (36%). dia berkata.

Bahkan, kata Hadiyanto, beberapa lulusan PKN STAN telah ditugaskan di kepolisian Indonesia. Namun jumlah lulusan belum bisa memenuhi semua persyaratan. Perbendaharaan baru dapat memenuhi kebutuhan sekitar 20%.

“Tahun ini ada 24 instansi baru yang mendapat rujukan, diantaranya 4 dari 6 instansi diantaranya Polri, 10 Pemprov, 2 Pemkab dan 1 Pemkot. Jadi kami telah menempatkan 2.785 lulusan PKN STAN di 68 instansi pada tahun 2020.” Kami memahami bahwa penugasan kami tidak dapat memenuhi semua permintaan dari K/L dan pemerintah daerah. Berdasarkan saran dari 41 K/L dan 13 pemerintah daerah hingga 4.859 orang, tahun ini baru bisa kita tutup sekitar 20%.

 

Lihat Juga :

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp