Mau Swafoto yang Hasilnya Bagus? Ini Lho 7 Tips Foto Keren

Ingin Selfie dengan Hasil Bagus? Berikut 7 Tips Foto Keren Menggunakan HP salah satunya dengan bantuan cahaya

tips-foto-keren

Memiliki hobi selfie atau selfie merupakan kebiasaan yang dilakukan banyak orang saat ini, dan ternyata sudah menjadi trend.

Dan biasanya, ketika menemukan tempat atau spot foto yang ideal dan menarik, Anda akan langsung bersiap-siap untuk berpose.

Beragam aktivitas bisa dilakukan dengan menggunakan HP, bahkan foto keren pun bisa didapatkan dengan HP saja. Jika Anda menemukan tips yang tepat untuk mengambil foto, hasilnya tidak kalah bagus dengan menggunakan kamera fotografer profesional. Kualitas kamera HP semakin memuaskan sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal dalam mengambil objek foto.

Asyiknya lagi tidak perlu repot saat liburan membawa kamera besar dan memakan tempat di tas, cukup gunakan ponsel dengan kamera terbaik. Tidak hanya cewek saja yang suka berfoto, akhir-akhir ini banyak cowok yang juga mulai menggemari dunia fotografi, apalagi di momen-momen tertentu. Selain kualitas kamera HP, berikut ini tips foto keren menggunakan hp yang bisa diterapkan untuk mendapatkan foto keren.

7 Tips Foto Keren untuk Cowok di Rumah dengan HP

Foto keren tidak selalu saat pergi berlibur atau mengunjungi tempat-tempat estetis seperti kafe kekinian. Buat para cowok, kamu bisa menerapkan tips foto cowok keren yang sangat mudah walaupun hanya di rumah menggunakan hp.

Bantuan Ringan

Bantuan cahaya dari belakang dan dari samping menjadi tips yang tepat untuk mendapatkan foto yang keren. Salah satu teknik fotografi adalah dengan memperhatikan arah cahaya. Dimana fungsi dari bantuan cahaya, baik lampu maupun sinar matahari langsung, adalah untuk membuat objek lebih tajam, terang, dan mencolok.

Posisi cahaya terbaik diambil dari belakang objek di foto. Anda bisa mencari sumber cahaya terlebih dahulu sebelum mulai memotret objek agar mendapatkan hasil terbaik.

Gunakan Konsep Dasar Fotografi

Jika Anda ingin mendapatkan foto yang keren dengan ponsel Anda, penting untuk menggunakan konsep dasar fotografi, yaitu tentang komposisi foto. Caranya dengan mengaktifkan mode grid yang membantu menentukan posisi terbaik dari objek foto. Sesuaikan posisinya dengan sebaik mungkin, agar terlihat lebih enak dipandang mata.

Tips foto keren di rumah ini bisa diterapkan dengan mudah. Anda hanya perlu memilih komposisi ruangan yang tepat di dalam rumah. Misalnya posisi kamu di tengah, di kiri atau kanan, letakkan kamera sesuai background yang kamu inginkan.

Fokus dengan Objek Foto

Tips selanjutnya adalah fokus pada objek foto yang akan diambil. Pilih objek foto yang menarik untuk diambil. Menarik atau tidaknya suatu benda tentunya disesuaikan dengan selera masing-masing. Anda bisa mendapatkan referensi objek foto menarik dengan foto dari berbagai fotografer. Jadi saat mengambil foto, jangan lupa untuk menekan fokus kamera yang diinginkan agar hasil foto bisa jernih.

Stabilkan Posisi

Ternyata salah satu tips membuat foto keren juga bisa dilakukan dengan memposisikan tangan agar tetap stabil saat memotret objek. Gemetar atau berjabat tangan akan membuat foto menjadi buram atau tidak jelas. Cara mendapatkan foto yang stabil dengan menggunakan tripod.

Anda dapat berfoto bersama dengan lebih leluasa dan mendapatkan foto terbaik. Karena foto yang dihasilkan akan jernih dan didapatkan hasil blur yang minimal. Tripod juga sangat berguna saat Anda mengambil foto dalam kondisi minim cahaya.

Atur Kecepatan Rana

Tips foto keren selanjutnya dengan HP adalah mengatur Shutter speed. Pengaturan ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan foto berdasarkan cahaya yang langsung diserap oleh kamera. Cara mengatur kecepatan rana di ponsel juga tidak sulit. Cari fitur atau tool “Shutter” di HP setelah itu atur kecepatan sesuai kebutuhan.

Gunakan Fitur ISO

Gunakan fitur ISO yang fungsinya untuk mengatur tingkat sensitivitas lensa kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi pengaturan ISO akan meningkatkan sensitivitas lensa terhadap cahaya saat mengambil foto objek. Cara mengatur ISO ini adalah dengan mengatur cahaya di area objek.

Jika cahaya cukup berarti level ISO yang digunakan rendah. Pengaturan ini bertujuan untuk mengurangi noise pada foto. Kondisinya berbeda jika objek berada di area dengan cahaya rendah, maka ISO juga perlu dinaikkan. ISO ini memiliki fungsi untuk membuat objek terlihat jelas. Foto keren di rumah tanpa blur juga bisa dicoba menggunakan fitur ISO.

Tips foto keren menggunakan hp yang tidak kalah penting adalah menggunakan fitur HDR (High Dynamic Range). Saat fitur HDR tidak diaktifkan, yang keluar dari foto adalah dynamic range, fitur kamera yang menangkap cahaya dan membuat tingkat vibrasi warna objek yang diambil.

Sumber :